Okay, pada posting kali ini saya akan membahas topik yang sebetulnya sudah banyak di bahas oleh blogger lain. Jika anda menemukan postingan ini lewat google, anda niscaya melihat banyak postingan lain yang serupa.
Tapi, percayalah yang satu ini berbeda dengan yang lain, dan tentunya lebih lengkap! -dan panjang (2500+ kata)-. Jadi, bila ketika ini anda hanya mempunyai sedikit waktu untuk membaca, saran saya bookmark (CRTL+D) dulu artikel ini :). Posting ini merupakan rangkuman dari posting-posting orang lain yang saya baca, pengalaman saya dan beberapa rekan blogger lain, serta beberapa murni hasil analisa saya sendiri.
Walaupun yang dibahas lebih banyak mengenai google adsense, juga sama cocoknya dan bisa diaplikasikan untuk anda yang mengikuti PPC lain selain adsense, dengan sistem yang sama yaitu iklan PPC yang menurut kata kunci.
Seperti yang kita ketahui bahwa cara paling "mainstream" untuk menghasilkan uang dari blog yakni dengan menjadi publisher layanan iklan Pay Per Click. Dalam hal ini, layanan PPC paling populer yakni Google Adsense. Dengan sistem dan kegiatan yang professional, Google adsense bisa membedakan mana situs yang berkualitas, mana yang tidak. Mana yang curang dengan mengklik iklan sendiri (fraud), mana yang fair. Dengan begini, semua publisher dituntut untuk jujur dan professional sehingga penghasilan dari iklan benar-benar murni dan biasanya kurang optimal.
Namun, hal ini tidak akan pernah terjadi bila anda melaksanakan meningkatkan secara optimal pada iklan anda. Ya, dengan melaksanakan meningkatkan secara optimal pada iklan yang ditampilkan di situs anda, setidaknya klik pada iklan anda akan meningkat sehingga penghasilan juga meningkat. Sebelum lebih lanjut ke meningkatkan secara optimal iklan anda, sebaiknya anda pahami dulu apa yang menjadi faktor tinggi-rendahnya jumlah klik iklan di situs anda.
Faktor Penyebab tinggi rendahnya CTR adsense/Iklan PPC
Sejauh yang saya teliti dan analisa, ada 5 hal yang mensugesti tinggi atau rendahnya klik pada iklan anda.
1. Topik, Konten & keyword 3 hal ini merupakan faktor utama yang mensugesti banyak/sedikitnya klik iklan anda. Alasannya yakni jumlah orang yang tertarik pada topik satu dan yang lain tentu berbeda. Kualitas konten jadi faktor utama mengapa orang mau membaca dan berlama-lama di blog anda. Keyword atau kata kunci menjadi pola iklan menyerupai apa yang akan ditampilkan di situs anda.
2. Traffik/Pengunjung
Siapa yang akan mengklik iklan anda? tentu saja pengunjung bukan?. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak potensi klik iklan. Masalahnya adalah, berapa persen pengunjung yang mengklik iklan anda. Hal ini sangat ditentukan oleh karakteristik pengunjung.
3. Desain dan template
Desain dan template blog anda sangat mensugesti karakteristik pengunjung. Secara psikologis, sebuah desain sanggup mensugesti mood dan kenyamanan pengunjung. Selain itu desain juga bisa menciptakan pengunjung fokus pada area-area tertentu di situs anda.
4. Penempatan iklan
Pengunjung tidak tiba ke blog anda untuk mengklik iklan. Penempatan iklan yang baik sangat mensugesti potensi klik iklan. Hal ini juga sangat berafiliasi bersahabat dengan desain dan template yang anda gunakan.
5. Konten dan Tampilan iklan
Sebaik apapun anda mengoptimalkan ke-4 poin diatas, bila pengunjung membenci iklan anda, apa gunanya?. Jadi, konten dan tampilan juga sangat mensugesti Click Through Rate iklan anda.
Nah, sesudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab tinggi-rendahnya CTR iklan anda, langkah selanjutnya yakni mengoptimasi kelima faktor diatas dengan langkah-langkah berikut ini.
Topik, konten dan keyword 5 tips dibawah ini sebetulnya untuk orang yang belum menciptakan blognya.
Tapi, bila anda sudah terlanjur menentukan topik anda, bukan berarti anda harus mengulang. Lakukan saja poin 1 dan 4, dan lewati poin 2 dan 3.
1. Lakukan riset kata kunci
Hal yang paling wajib bila anda menciptakan situs yang akan dimonetisasi dengan iklan PPC atau google adsense yakni riset kata kunci (Keyword research). Riset ini akan memperlihatkan warta berapa banyak orang yang menyukai topik-topik tertentu, berapa banyak orang yang mencari dengan
kata kunci tertentu di mesin pencari. Anda juga akan mengetahui seberapa banyak pesaing anda. Dengan ini, anda akan tahu topik apa yang paling cocok dan apa yang harus dilakukan ke depannya.
Riset kata kunci juga memperlihatkan warta seberapa mahal harga klik iklan untuk topik tertentu, yang nantinya akan mengoptimalkan penghasilan anda juga. Anda juga dihentikan mengabaikan ini.
Namun disini saya hanya akan membahas perihal banyaknya klik, bukan harga klik, sebab harga klik lebih banyak ditentukan oleh pasar/pengiklan.
Untuk melaksanakan riset kata kunci, silahkan kunjungi Google Keyword Planner
2. Pilih topik umum untuk orang awam
Ini sangat berafiliasi dengan poin nomor satu. Pilihlah topik untuk orang awam, maksudnya topik yang bisa dinikmati oleh siapapun, baik itu orang tua, remaja, anak-anak, laki-laki, perempuan, pelajar, pegawai, dan sebagainya.Topik yang anggun untuk adsense yakni Teknologi & gadget, kesehatan, olahraga, media umum hiburan dan sebagainya.
Sebaiknya jangan pilih topik yang pembacanya hanya dari kalangan orangorang tertentu, contohnya topik desain web. Pasalnya, sudah saya buktikan sendiri dan sangat sulit hehehe #belajardaripengalaman. Alasan saya tidak mengganti topik blog yakni sebab saya tidak fokus mengoptimalkan blog ini untuk adsense, tetapi lebih pada personal branding.
3. Topik lebih spesifik
Agak sulit memang, untuk menentukan topik spesifik yang bisa dinikmati oleh siapapun. Alasan mengapa topik anda harus spesifik yakni untuk mensugesti konten iklan. Blog dengan topik yang spesifik biasanya akanmenampilkan iklan dengan konten bagus, yang bisa meningkatkan potensi
klik pengunjung.
Contoh topik spesifik yang anggun contohnya topik spesifikasi dan harga gadget. Untuk mendapat topik lain yang lebih bagus, tentu saja lakukan riset kata kunci lagi.
4. Keterkaitan dan relevansi konten
Satu hal penting lain yakni bahasan di blog anda harus saling terkait dan relevan satu sama lain. Semakin relevan satu artikel dengan artikel lain, semakin bagus. Sama menyerupai nomor 3, ini juga untuk mensugesti konten iklan. Tapi yang lebih penting yakni biar pengunjung lebih betah berlamalama di blog anda, yang berpotensi akan mengklik iklan bila iklan yang
muncul sesuai dengan kebutuhan pengunjung.
4. Penempatan iklan
Pengunjung tidak tiba ke blog anda untuk mengklik iklan. Penempatan iklan yang baik sangat mensugesti potensi klik iklan. Hal ini juga sangat berafiliasi bersahabat dengan desain dan template yang anda gunakan.
5. Konten dan Tampilan iklan
Sebaik apapun anda mengoptimalkan ke-4 poin diatas, bila pengunjung membenci iklan anda, apa gunanya?. Jadi, konten dan tampilan juga sangat mensugesti Click Through Rate iklan anda.
Nah, sesudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab tinggi-rendahnya CTR iklan anda, langkah selanjutnya yakni mengoptimasi kelima faktor diatas dengan langkah-langkah berikut ini.
Topik, konten dan keyword 5 tips dibawah ini sebetulnya untuk orang yang belum menciptakan blognya.
Tapi, bila anda sudah terlanjur menentukan topik anda, bukan berarti anda harus mengulang. Lakukan saja poin 1 dan 4, dan lewati poin 2 dan 3.
1. Lakukan riset kata kunci
Hal yang paling wajib bila anda menciptakan situs yang akan dimonetisasi dengan iklan PPC atau google adsense yakni riset kata kunci (Keyword research). Riset ini akan memperlihatkan warta berapa banyak orang yang menyukai topik-topik tertentu, berapa banyak orang yang mencari dengan
kata kunci tertentu di mesin pencari. Anda juga akan mengetahui seberapa banyak pesaing anda. Dengan ini, anda akan tahu topik apa yang paling cocok dan apa yang harus dilakukan ke depannya.
Riset kata kunci juga memperlihatkan warta seberapa mahal harga klik iklan untuk topik tertentu, yang nantinya akan mengoptimalkan penghasilan anda juga. Anda juga dihentikan mengabaikan ini.
Namun disini saya hanya akan membahas perihal banyaknya klik, bukan harga klik, sebab harga klik lebih banyak ditentukan oleh pasar/pengiklan.
Untuk melaksanakan riset kata kunci, silahkan kunjungi Google Keyword Planner
2. Pilih topik umum untuk orang awam
Ini sangat berafiliasi dengan poin nomor satu. Pilihlah topik untuk orang awam, maksudnya topik yang bisa dinikmati oleh siapapun, baik itu orang tua, remaja, anak-anak, laki-laki, perempuan, pelajar, pegawai, dan sebagainya.Topik yang anggun untuk adsense yakni Teknologi & gadget, kesehatan, olahraga, media umum hiburan dan sebagainya.
Sebaiknya jangan pilih topik yang pembacanya hanya dari kalangan orangorang tertentu, contohnya topik desain web. Pasalnya, sudah saya buktikan sendiri dan sangat sulit hehehe #belajardaripengalaman. Alasan saya tidak mengganti topik blog yakni sebab saya tidak fokus mengoptimalkan blog ini untuk adsense, tetapi lebih pada personal branding.
3. Topik lebih spesifik
Agak sulit memang, untuk menentukan topik spesifik yang bisa dinikmati oleh siapapun. Alasan mengapa topik anda harus spesifik yakni untuk mensugesti konten iklan. Blog dengan topik yang spesifik biasanya akanmenampilkan iklan dengan konten bagus, yang bisa meningkatkan potensi
klik pengunjung.
Contoh topik spesifik yang anggun contohnya topik spesifikasi dan harga gadget. Untuk mendapat topik lain yang lebih bagus, tentu saja lakukan riset kata kunci lagi.
4. Keterkaitan dan relevansi konten
Satu hal penting lain yakni bahasan di blog anda harus saling terkait dan relevan satu sama lain. Semakin relevan satu artikel dengan artikel lain, semakin bagus. Sama menyerupai nomor 3, ini juga untuk mensugesti konten iklan. Tapi yang lebih penting yakni biar pengunjung lebih betah berlamalama di blog anda, yang berpotensi akan mengklik iklan bila iklan yang
muncul sesuai dengan kebutuhan pengunjung.
EmoticonEmoticon