Setelah sebelumnya saya pernah membahas ihwal bagaimana menciptakan elemen website SEO friendly, kali ini saya akan membahas caran mengoptimalkan posting anda biar SEO friendly. Bahasan ini tidak kalah pentingnya alasannya yakni tips-tips dibawah sanggup menciptakan posting anda menjadi
urutan pertama di pencarian. Tidak percaya?
Buktikan sendiri!Konten yang dioptimalkan, sanggup meningkatkan kualitasnya di mata mesin pencari. Tentu saja, hal ini juga sanggup memperlihatkan imbas yang baik bagi website anda kedepannya. Konten yang manis sanggup memperlihatkan sinyal pada mesin pencari bahwa websitenya juga bagus.
Perlu anda ketahui, bahwa ada 2 jenis posting dibagi dari peruntukannya. Posting yang manis untuk mesin pencari dan posting yang manis untuk pembaca. Terkadang, posting yang dioptimasi untuk mesin pencari seringkali tidak manis untuk pembaca, alasannya yakni kalimat-kalimatnya yang difokuskan membidik keyword/kata kunci. Tapi, ketahuilah bahwa itu SEO yang sudah jadul, kuno. SEO masa kini memberi evaluasi bahwa konten yang manis yakni konten yang baik dari sisi SEO, namun tetap lezat untuk dibaca.
Lalu, bagaimana membuatnya? 15 cara berikut ini mungkin sanggup menjadi solusi untuk anda :
1. Gunakan Judul yang Panjang, Deskriptif & Mengandung Kata Kunci Utama
Judul yang baik untuk sebuah posting yakni yang menggambarkan isi posting tersebut secara keseluruhan dan mengandung kata kunci utama. Panjang judul juga harus anda perhatikan. Menurut Neil Patel (Pakar SEO Internasional), panjang Heading tag (termasuk judul blog) yang bagus
berkisar antar 15 - 65 karakter. Nah, buatlah judul posting anda dengan kisaran jumlah abjad tersebut.
2. Kostumisasi URL Permalink
URL permalink yakni alamat yang tetap untuk sebuah halaman di website. Baik di blogger maupun wordpress, struktur maupun kata-kata di permalink ini sanggup di kostumisasi sesuka hati.
Lihatlah gambar dibawah. Tanpa harus saya jelaskan, anda niscaya sudah tahu apa keuntungannya :).
3. Gunakan Meta Deskripsi/ Deskripsi pencarian
Di blogger, ada fitur deskripsi pencarian (Search description) ketika membuat
sebuah posting.
Fitur ini untuk memilih deskripsi posting kita ketika tampil di hasil pencarian. Gunakanlah kalimat utama yang benar-benar cocok dan mendeskripsikan posting anda untuk mengisinya. Hal ini akan membantu menaikkan posisi posting anda di mesin pencari. Jika anda memakai wordpress, plugin All in SEO pack sanggup membantu anda untuk menciptakan deskripsi pencarian di tiap posting.
4. Penempatan Kata Kunci
Untuk penempatan kata kunci, letakkan di bab awal dan simpulan posting. Hal ini alasannya yakni mesin pencari memprioritaskan awal dan simpulan sebuah posting daripada dibagian tengah. Di bab awal, biasanya orang memasukkan intro pembahasan. Sedangkan dibagian simpulan biasanya untuk kesimpulan pembahasan.
5. Gunakan Alt text dan title pada gambar
Jika di posting anda ada gambar, gunakanlah alt text (Alternative text) dan title textuntuk mendeskripsikan gambar apa itu. Alt text berfungsi untuk memberi tahu crawler gambar itu alasannya yakni secara default tidak sanggup merayapi dan mengenali gambar. Title gambar berkhasiat untuk memperlihatkan deskripsi kepada pembaca ketika pointer mouse diletakkan pada gambar.
![]() |
memasukkan alt dan title gambar pada blogger |
![]() |
memasukkan alt dan title gambar pada wordpress |
Keyword stuffing yakni memasukkan keyword yang dituju sebanyakbanyaknya dan diulang-ulang di bab isi posting. Dulu, keyword stuffing pernah dianggap sebagai cara untuk memperkaya kata kunci sehingga posting sanggup posisi urutan 1 di mesin pencari. Namun, kini bukan!.
Keyword stuffing sudah dinilai sebagai cara black hat dan spam oleh google. Walaupun mungkin awalnya cara ini berhasil, tapi kedepannya anda sanggup kena penalti google panda alasannya yakni dianggap spam.
7. Gunakan Heading/Sub judul
Penggunaan Heading tag untuk sub judul(seperti yang saya lakukan) di dalam posting sanggup menciptakan struktur html posting menjadi SEO friendly.
Robot perayap memprioritaskan tag heading (h1 - h6) sebagai teks yang lebih penting dari teks lainnya. Tapi penggunaanya juga harus sewajarnya.
Jangan teks biasa pada posting malah dijadikan heading, ini justru akan menjadi boomerang buat anda.
8. Gunakan Bold, italic, dan underline pada kata kunci
Penggunaan style bold, italic (teks miring), dan underline (garis bawah) memperlihatkan isu pada robot perayap bahwa teks ini lebih di prioritaskan. Prioritasnya memang lebih rendah dibanding heading, namun penggunaan pada kata kunci dalam paragraf sanggup menjadi cara efektif untuk meningkatkan SEO posting blog anda. Namun, tentu saja gunakan seefektif mungkin pada kata yang memang pantas untuk diberikan style itu.
9. Taut/Link pada artikel yang relevan
Menautkan link artikel yang relevan sanggup memperlihatkan imbas baik untuk posting anda. Baik itu internal linking maupun menautkan posting blog lain.
Selain itu, pembaca juga akan merasa nyaman alasannya yakni anda bersedia memperlihatkan isu yang lebih pada mereka. Namun, perlu diingat jikalau menautkan posting orang lain, anda harus melihat apakah blognya mempunyai reputasi yang baik atau tidak. Jangan sembarangan menautkan link pada
blog yang mempunyai reputasi tidak baik di mesin pencari. Anda sanggup kena dampaknya.
10. Menautkan atau ditautkan pada Blog yang bagus
Hampir sama dengan nomor 9, anda harus menautkan blog yang mempunyai peringkat manis di mesin pencari. Selain itu, carilah juga cara biar posting anda sanggup ditaukan dari blog yang berperingkat manis di mesin pencari. Bisa dengan guest blogging, atau memperlihatkan komentar di blog itu. Namun
ingat, topiknya harus relevan!
11. Gunakan Anchor link yang tepat
Masih mengenai link, gunakan teks anchor (teks yang ada linknya) link yang sempurna dan deskriptif untuk menautkan di dalam posting maupun menautkan artikel anda di posting lain. Anchor link yang tidak sesuai dengan link artikel yang tidak sesuai sanggup dianggap sebagai spam oleh robot perayap(crawler).
12. Panjang Artikel
Panjang isi artikel yang anda tulis juga harus diperhitungkan. Semakin panjang artikel akan semakin baik. Namun, tetap harus padat isi. Artikel yang panjang biasanya lebih gampang meningkat posisinya di mesin pencari alasannya yakni lebih kaya kata kunci. Selain itu, robot perayap juga menilai konten yang panjang yakni salah satu faktor kualitas konten. Panjang konten standar yang baik yakni sekitar 200 - 1000 kata. Namun, jikalau anda sanggup menulis lebih dari 1000 kata, itu akan lebih baik.
13. Jumlah Link
Kembali pada link, jumlah link yang ada pada konten jangan terlalu banyak. Link disini dalam artian link dofollow. Jumlah total link yang manis di tiap halaman web(bukan di kontennya saja) tidak lebih dari 100 link. Hal ini alasannya yakni sanggup menciptakan robot perayap mesin pencari mendapatkan perintah berlebihan untuk merayapi link-link ini. Hal ini sanggup berefek tidak baik pada halaman posting kita.
14. Gunakan Kategori/tag yang cocok
Gunakan pula kategori atau tag yang cocok untuk posting anda. Pengkategorian yang sempurna sanggup membantu perayapan yang efektif pula. Selain itu, kategori yang sempurna sanggup membantu pengunjung menemukan posting anda.
15. Kurangi Penggunaan Konten yang memakai plugin
Konten yang anda sajikan sebaiknya berupa teks, gambar video HTML5. Sebaiknya jangan sajikan konten anda dalam bentuk pdf, swf dan yang lainnya alasannya yakni membutuhkan plugin perhiasan pada browser pengunjung. Secara resmi, google juga menyampaikan bahwa penyajian konten yang
membutuhkan plugin sanggup memperlambat kecepatan loading dan itu tidak baik untuk SEO.
EmoticonEmoticon