Wednesday, November 14, 2018

Pengertian Norma, Ciri, Fungsi, Rujukan Dan Tujuan Norma


Daftar Isi:

Pengertian Norma Secara Umum

Secara Umum, Pengertian Norma ialah pemikiran sikap untuk melangsungkan kehidupan bantu-membantu dalam suatu kelompok masyarakat. Norma merupakan suattu petunjuk atau juga patokan sikap yang benar dan pantas dilakukan ketika berinteraksi sosial dalam suatu masyarakat.

Nilai dan norma sosial mempunyai perbedaan yang didasari ialah dalam norma sosial terdapat hukuman sosial baik penghargaan maupun hukuman untuk orang yang mematuhi atau melanggar norma tersebut.

Norma juga disebut dengan peraturan sosial. Norma sifatnya memaksa sehingga seluruh anggota kelompok harus bertindak sesuai dengan norma-norma yang telah terbentuk semenjak dahulu.

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Selain pengertian norma secara umum, ada juga pendapat para andal yang mendefinisikan pengertian norma.

1. AA. Nurdiaman

Norma ialah suatu bentuk tatanan hidup yang berisikan aturan-aturan dalam bergaul di masyarakat.

2. A. Ridwan Halim

Menurut pendapat A. Ridwan Halim, bahwa pengertian norma ialah segala peraturan baik tertulis maupun tidak yang pada pada dasarnya merupakan suatu peaturan yang berlaku sebagai pola atau pemikiran yang harus ditaati oleh setiap individu dalam masyarakat.

3. Broom & Selznic

Pengertian norma berdasarkan Broom & Selznic bahwa arti norma ialah suatu rancangan yang ideal dari sikap insan yang menunjukkan batasan bagi suatu anggota masyarakatnya untuk menacpai tujuan hidup yang sejahtera.

4. Antony Giddens

Menurut Antony Giddens (1994), bahwa pengertian norma ialah sebuah prinsip maupun aturan yang jelas, nyata atau faktual yang harus diperhatikan oleh setiap masyarakat.

5. Bellebaum

Menurutnya, normaa ialah sebuah alat untuk menatur setiap indiviu dalam suatu masyarakat supaya bertindak dan berperilaku sesuai dengan sikap dan keyakinan tertentu yang berlaku di mayarakat tersebut.

6. Craig Calhoun

Pengertian norma berdasarkan Craig Calhoun bahwa norma ialah aturan atau pemikiran yang menyatakan perihal bagaimana seseorang seharusnya bertindak dalam situasi tertentu.

7. E.Utrecht

Pengertian norma berdasarkan E. Utrecht bahwa norma ialah segala himpunan petunjuk hidup yang mengatur banyak sekali tata tertip dalam suatu masyarakat atau bangsa yang mana peraturan itu diharuskan untuk ditaati oleh setiap masyarakat, bila melanggar maka akan adanya tindakan dari pemerintah.

8. Soerjono Soekanto

Pengertian norma berdasarkan Soerjono Soekanto ialah sebuah perangkat dimana hal itu dibuat supaya hubungan didalam suatu masyarakat sanggup berjalan ibarat yang diharapkan.

Selain menunjukkan pendapat perihal pengertian norma, Soerjono Soekanto juga menunjukkan pendapatnya perihal ilmu pengetahuan

9. John J. Macionis

Pengertian norma berdasarkan John J. Macionis (1997) ialah segala aturan dan cita-cita masyarakat yang memandu segala sikap angota masyarakat.

10. Marvin E. Shaw

Pengertian norma berdasarkan pendapat Marvin E. Shaw bahwa norma ialah peraturan segala tingkah laris manusai yang ditegakkan oleh anggota masyarakat dan mengekalkannya keselarasan tingkah laris yang seharusnya.

11. Robert M.Z. Lawang

Norma ialah patokan sikap dalam suatu kelompok tertentu.

12. Richard T. Schaefer & Robert P. Lamn

Pengertian norma berdasarkan pendapat Richard T. Scaefer & Robert P. Lamn bahwa arti norma ialah standar dari sikap yang lurus yang dipelihara oleh setiap masyarakat.

13. Isworo Hadi Wiyono

Menurut Isworo Hadi Wiyono, bahwa pengertian norma ialah suatu bentuk peraturan atua petunjuk hidup yang menunjukkan acuan-acuan perbuatan mana yang boleh dijalankan dan perbuatan mana yang harus dihindari.

14. Bagja Waluyo

Menurut pendapat Bagja Waluyo mengenai pengertian norma yang menyampaikan bahwa norma ialah wujud faktual dari nilai yang merupakan pedoman, yaitu berisikan suatu keharusan bagi individu atau masyarakat dalam berperilaku.

15. Han Kelsen

Norma ialah perintah yang tidak personal dan anonim (an impersonal and anonymous "command" - that is the norm).

Ciri-Ciri Norma

  1. Pada umumnya tidak tertulis
  2. Merupakan hasil dari kesepakatan
  3. Masyarakat sebagai pendukung yang menaatinya
  4. Melanggar norma sosial mendapat hukuman atau hukuman
  5. Menyesuaikan dengan prubahan sosial sehingga sanggup dikatakan bahwa norma sosial sanggup mengalami perubahan
  6. Dibuat secara sadar

Fungsi Norma

  1. Mengatur tingkah laris masyarakat sesuai nilai yang berlaku
  2. Membantu untuk mencapai tujuan bersama masyarakat
  3. Menciptakan ketertiban dan keadilan dalam lingkungan masyarakat
  4. Sebagai dasar menunjukkan hukuman kepada masyarakat yang melanggar aturan-aturan yang terdapat dalam norma.

Tujuan Norma

Norma mempunyai tujuan yang baik untuk setiap anggotanya. Tujuan norma yaitu menjadi pedoman, arahan, dasar, dan tata tertib bagi anggota masyarakat supaya tercipta masyarakat yang teratur dan tenteram, sekaligus untuk mengatur tingkah laris masyarakat serta membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Dengan menaati norma, maka supaya tercipta tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang tertib, aman, rukun, dan damai. Masyarakat yang taat norma sanggup membuat kehidupan yang adil.

Contoh Norma

Contohnya saja, kita harus menghormati setiap tamu yang tiba kerumah kita, baik yang diundang maupun yang tidak diundang. Jika tidak dilakukan, maka kita akan dianggap tidak sopan atau bahkan dianggap tidak berpendidikan.

Norma merupakan hasil dari ciptaan insan sebagai makhluk sosial. Awal mulanya norma terbentuk secara tidak sengaja, dengan usang kelamaan norma-norma tersebut disusun dan dibuat secara sadar. Norma yang terdapat dalam masyarakat berisi tata tertip, aturan, dan petunjuk standar yang mempunyai sikap yang sesuai atau wajar.

Norma dihentikan dilanggar. Siapa pun yang melanggar norma atau tidak bertingkah laris untuk sesuai dengan ketentuan dalam norma akan mendapat hukuman atau hukuman. Seperti, siswa yang tiba terlambat akan dieksekusi dihentikan masuk kelas.

Contoh berikutnya, siswa yang menyontek disaat ulangan akan mendapat hukuman dihentikan melanjutkan ulangan. Maka dari itu, suka atau tidak suka, kita harus selalu menjalankan dan mematuhi norma-norma yang terjadi dalam masyarakat.

Next

Related


EmoticonEmoticon