SEO On Page intinya merupakan sebuah cara yang bisa menciptakan halaman website menjadi lebih SEO Friendly. SEO Friendly yaitu sebuah istilah dimana suatu halaman sanggup diindex (direcord/direkam) dengan gampang oleh google, semoga muncul dihalaman utama google, pastinya ketika halaman website tersebut sudah memenuhi kriteria Seo On Page. Namun bergotong-royong SEO On Page itu bukan hanya sekedar menciptakan halaman website menjadi lebih SEO friendly. Karena bagaimanapun bila Anda hanya melaksanakan hal ini saya jamin, Anda akan terus-terusan seumur hidup untuk melaksanakan SEO Off Page-nya, yakni mencari backlink dan terus memarketingkan tanpa ada habisnya terkait website Anda. Lalu bagaimanakah yang dimaksud?
Syarat-syarat SEO On Page 100%
Banyak jalan untuk makan kurma :D, begitu halnya dengan banyak cara untuk melaksanakan SEO On Page yang maksimal. Namun sekali lagi ada faktor yang jauh lebih hebat ketimbang SEO On Page semata. Masih bekerjasama On Page website Anda. Saya sedang mengkremasi rasa ingin tau Anda. Namun untuk kali ini saya gres akan menjelaskan SEO On Page yang betulbetul harus kita kerjakan semoga halaman website dengan gampang di index oleh google.
Banyaknya platform yang dipakai dalam menciptakan website menimbulkan semakin banyak pula cara dalam melaksanakan SEO On Page. Anggaplah platform yang kita gunakan yaitu Wordpress, Blogspot, maka untuk melaksanakan SEO On Page yang paling baik sejauh pengalaman saya yaitu memakai plugin All In One SEO Pack, plugin ini tidak hanya bisa dilakukan di wordpress namun juga Anda bisa melakukannya pada Blogspot. Untuk Anda yang memakai platform lain atau menciptakan website memakai bahasa pemrograman sanggup bangun diatas kaki sendiri php & mysql silahkan menyesuaikan. Sebelum mengaplikasikannya ke dalam wordpress / blogspot / maupun website dengan platform lain, perlu Anda ketahui satu demi satu SEO On Page yang harus dilakukan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan score SEO On Page semoga menjadi 100% tidak lepas dari 15 point berikut ini :
1. Judul Artikel (Title) harus mengandung keyword
Judul Artikel merupakan hal yang sangat vital dalam SEO, dan juga merupakan hal yang teramat vital dalam menarik pengunjung untuk tiba kemudian membacanya. Sehingga pembuatan judul artikel selain harus mengandung keyword yang ditargetkan, haruslah betul-betul bisa menarik emosi dari para pembacanya. Entah itu emosi yang eksklusif menciptakan penasaran, senang, bangga dan tertawa, sedih, maupun kesal dan marah. Usahakan di awal kata sudah mengandung keyword. Karena kita sebelumnya bereksperimen dengan keyword madu, kemudian menghasilkan kata manfaat madu, khasiat madu dan lain-lain maka judul pun harus memicu rasa ingin tau orang, misalkan “Manfaat Madu Mencegah Penyakit Akut Mematikan!” atau misalkan “Khasiat + Manfaat Madu Memperpanjang Usia”. Atau yang lebih ekstrem lagi “Manfaat Madu Membuat Wajah Ganteng”.
2. Keyword muncul di awal kalimat paragraph pertama
Dalam hasil eksperimennya terhadap algoritma googlebot, SEO Pressor balasannya menciptakan sebuah kesimpulan bahwa keyword harus muncul pada awal kalimat paragraf pertama dari suatu artikel. Tidak harus benar-benar kata pertama di awal kalimat, namun diusahakan keyword di letakkan pada awal kalimat di paragraf pertama dari sebuah artikel.
3. 10 kata pertama mengandung keyword.
Kalau memang keyword itu tidak bisa diletakan di kata pertama, maka di usahakan keyword muncul di sepuluh kata pertama. Mengapa menyerupai itu? alasannya yaitu pada faktanya ketika Anda mencari sesuatu di google dan mengetikan suatu keyword maka google akan menampilkan hasil pencariannya berikut dengan kalimat pertama mengandung keyword yang dicari. Sehingga semakin didepan keyword yang diletakkan maka semakin memperkuat kedudukan halaman Anda untuk ditampilkan di halaman pertama google untuk keyword tersebut. Bagaimana mengaplikasikannya akan dijelaskan di potongan ini.
4. Beri style bold (B), underline (U) dan italic (I).
Keyword yang muncul di awal kalimat tadi dianjurkan untuk diberikan style bold (B), underline (U) maupun italic (I). Saran ini dianjurkan oleh Mac Famous, Mac famous yaitu blogger yang sudah sering menang kontes SEO dalam negeri. Dan pernah juga menang di kontes SEO skala internasional. Bagaimana mengaplikasikannya akan dijelaskan di potongan ini.
5. Keyword dengan style bold (B), underline (U) dan italic (I) muncul lebih dari sekali.
Dalam keseluruhan artikel diusahakan keyword dengan style bold (B), underline (U) dan italic (I) muncul lebih dari sekali. Untuk memenuhi kriteria tersebut dan semoga tidak merusak pemandangan pembaca, bagusnya ambil 2x saja setiap satu postingan.
6. Heading tag H1,H2 dan H3 mengandung keyword.
Disetiap artikel diusahakan di dalamnya terdapat heading artikel H1, H2 dan H3, biasanya heading tag H1 itu sudah niscaya tentu diberikan kepada Judul Artikel, namun h2 dan h3 dipakai pada sub sub judul pada artikel tersebut. Pastinya trik ini dipakai untuk artikel yang tidak mengecewakan panjang pembahasannya. Silahkan mengaakali untuk artikel yang pendek.
7. Capai keyword density dalam satu postingan 3 – 5 keyword
Keyword yang paling baik, yaitu keyword yang terdapat dalam sebuah artikel. Suatu kata bisa disebut sebagai keyword ketika kata tersebut diulang lebih dari 1 kali pada artikel tersebut. Paling tidak Anda perlu mengulang keyword yang ditargetkan itu minimal 3, dan maksimal yaitu 5 untuk setiap kali artikel dibuat. Dan untuk ngecek keyword density silahkan menuju keyworddensity.com. Atau anda bisa memakai SEO Quake untuk plugin browser Anda , yakni Chrome maupun Firefox
8. Jumlah kata usahakan minimal 500 kata.
Untuk search engine google,500 kata merupakan hal yang cukup dianggap penting bagi google untuk melirik postingan Anda. 500 kata ini tentunya juga bukan kata-kata yang diaduk sembarangan, tapi juga bermanfaat untuk user yang membacanya. Jika setiap postingan Anda bisa menciptakan minimal 500 kata, maka bukan hanya google yang dengan gampang tiba terus untuk mengindex website Anda, namun orang-orang pun akan menganggap artikel Anda bermanfaat sekaligus solutif sehingga jangan heran bila orang-orang terus berdatangan untuk betah berlama-lama membaca artikel yang Anda buat.
9. Link ke trusted site.
Usahakan salah satu kata keyword yang ingin Anda capai mengandung outbond link ke situs terpercaya, tentunya dengan bahasan yang sama. Contohnya bisa Wikipedia. Mengapa harus bahasan sama? Karena google mengeluarkan algoritma terbaru yang bila Anda tidak melink ke situs yang bahasannya sama maka situs Anda kemungkinan akan mendapat blacklist, atau prediket di mata google menjadi turun. Contohnya misalkan menyerupai ini, saya menciptakan artikel madu, kemudian orang tiba untuk mencari info mengenai madu, namun dalam artikel tersebut melink ke halaman yang berisi info mengenai senapan angin, yang terang pembahasan jauh berbeda. Apa yang dilakukan olah pengunjung tersebut? Akan kabur bukan? Karena tidak nyambung pembahasannya.
10. Buat internal link.
Berikan internall link ke postingan anda yang lain, yang bahasannya itu mirip-mirip, atau kalau postingan tidak mengandung bahasan yang sama dengan keyword silahkan link ke postingan itu sendiri. Ini dimaksudkan semoga google itu terus menerus berkeliling diwebsite Anda, dan mengindex halaman kalau-kalau ada halaman yang baru.
11. Keyword muncul di kalimat terakhir.
Peletakkan keyword tidak hanya di awal paragraf dan ditengah-tengah artikel, namun juga biasanya keyword yang diberi style bold (B), underline (U) dan italic (I) itu diletakkan di paragraf akhir, di final kalimat. Begitulah kriteria untuk algoritma google ketika ini.
12. Gambar mengandung ALT.
Artikel yang baik itu mempunyai gambar yang relevan berkaitan dengan artikel tersebut, hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan daya tarik pembaca, dan pembaca tidak melulu diperlihatkan teks semata, namun gambar mata bisa sedikit beristirahat, di google gambar juga sangat diperhitungkan, terutama pada ALT yang mengandung keyword diletakkan pada atribut gambar. Bagaimana menerapkannya akan dijelaskan di potongan ini.
13. Meta description mengandung keyword.
Usahakan keyword berada di awal kata meta description. Selain judul artikel, meta description pun harus memancing hasrat orang yang mencari itu untuk mengklik.
14. Meta tag mengandung keyword.
Meta tag harus mengandung keyword. Usahkan keyword yang di targetkan berada di awal kata meta tag.
15. URL mengandung keyword.
Biasanya apabila judul sudah mengandung keyword maka secara otomatis url akan sama dengan judulnya. Ini menyerupai fitur permalink pada wordpress.
Bagaimana melaksanakan SEO On Page ?
Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, teknis melaksanakan SEO On Page itu dibagi berdasarkan platform yang digunakan. Jika memakai Wordpress, Blogspot, atau menciptakan website sendiri memakai PHP & MySQL, atau memakai CMS yang lainnnya itu punya cara-cara yang berbeda, bila Wordpress, Anda cukup saja memakai All In one SEO Page.
Plugin yang bisa dipakai secara gratis. Jika Anda memakai blogspot silahkan ikuti langkah menyerupai ini :
Langkah 1, Masuk ke dalam admin blogspot Anda. Dan masuk ke potongan setelan dasar.
Langkah 4, Untuk menciptakan dynamic title, yang berfungsi menciptakan title berbeda-beda untuk setiap artikel, maka silahkan masuk ke potongan template kemudian pilih edit html
Dan hapus yang bentunya itu menyerupai ini
<title><data:blog.pageTitle/></title>Menjadi menyerupai ini :
<title>Dan langkah berikutnya yaitu dipakai untuk mengaktifkan tag meta description, dan meta keyword di setiap halaman.
<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
Langkah 1, masuk kebagian setelah, dan masuk ke sub nya yakni preferensi penelusuran, kita lihat di sini tag meta deskripsi di non aktifkan, maka kita akan coba mengaktifkannya.
Silahkan klik edit di potongan Tag Meta Deskripsi, maka akan ada tampilan menyerupai ini
Aktifkan deskripsi penelusuran, Anda pilih ya, dan klik simpan perubahan. Lalu bila textarea untuk deskripsi website, silahkan isikan sesuai dengan deskripsi website Anda di tambahkan dengan keyword-keyword yang sudah Anda targetkan. Nah bila semuanya sudah di setting, apabila Anda menciptakan artikel gres di blogspot maka tampilannya nanti akan ada perhiasan menyerupai di sini
SEO On Page Selanjutnya
Setelah melaksanakan SEO On Page yang inti, perlu juga dilakukan SEO On Page pendukung lainnya yang tidak kalah pentingnya. Mengapa disebut pendukung? Karena memang hal ini perlu dilakukan untuk mendukung SEO On Page yang utama. Seperti apa saja sih yang diharapkan untuk mendukung SEO On Page yang utama?
1 Breadcrumb Penting Untuk Navigasi Halaman
2 Related Article, Lompat Ke Artikel Yang Sedang User Minati
3 Social Share Bar
4 Widget Blog Archive, Popular Posts
5 Sitemap
6 Daftarkan Ke Google Webmaster dan Google Analytic
7 Blog bebas dari iframe,
8 Jangan meletakkan script pada hosting luar
9 Diusahakan halaman website tidak mengandung flash elemen
Untuk Anda yang memakai wordpress sangat gampang sekali, dari poin 1 – 6 silahkan masuk ke dalam dashboard wordpress admin, kemudian masuk ke potongan plugin, dan silahkan Add New, dan Anda akan masuk ke dalam halaman Install Plugin
Tahapan Setelah SEO On Page?
Setelah melaksanakan SEO On Page ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Ini lebih kepada pengecekan dan analisa, sejauh mana SEO yang telah Anda lakukan dinilai baik oleh Search Engine, dalam hal ini google. Biasanya pengecekan atau analisa sesudah melaksanakan SEO itu terkait komponen-komponen / elemen HTML yang harusnya Ada, yang harusnya tidak Ada, atau penambahan maupun perubahan atribut, pun bisa jadi penghilangan atribut. Sebagai contohnya, dalam SEO sangat diharapkan sekali setiap Image mempunyai ALT atributnya, oleh alasannya yaitu itu sang praktisi harus menambahkan atribut ALT nya dengan menyisipkan keyword seo yang ditargetkan, ini untuk menunjang seo friendly tentunya.
Ada beberapa tools yang biasa dipakai untuk melaksanakan pengecekan SEO, analisa hingga ke akar SEO itu sendiri, kemudian menghasilkan suatu presentase yang dimana terdapat 3 (tiga) kemungkinan, Anda diminta mengoptimalkan yang sudah ada, mengurangi yang sudah ada, atau Anda tidak perlu melaksanakan apa-apa alasannya yaitu semua yang telah Anda lakukan sudah benar dimata tools ini, cukup duduk membisu tersenyum, 3 cm ke kanan, 3 cm ke kiri. Sehingga analisa dan pengecekan itu perlu dilakukan dengan memakai tools yang tidak hanya satu. Pastinya lebih dari satu.
Ada pun beberapa tools yang saya anjurkan Antara lain yaitu SEO Quake, 2, 3. Mengapa memakai tiga tools? Karena masing-masing mempunyai ciri sendiri dalam penyajian hasil analisa dan pengecekan. Namun secara persyaratan semuanya harus sesuai SEO On Page 100%, dalam hal ini masing-masing tools berperan sama. Bagaimana caranya melaksanakan pengecekan suatu halaman SEO itu sudah sesuai dengan persayaratan SEO On Page atau belum ?
Teknis ....
Setelah SEO On Page
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tahapan sesudah SEO On Page, ada hal yang sangat luar biasa ketimbang mengurusi SEO-nya, kedepannya Anda harus bisa melepaskan diri dari SEO? Loh mengapa? Karena akan banyak master-master SEO selanjutnya yang lebih rajin bereksperimen sehingga hebat dalam memanfaatkan celah-celah dari para praktisi SEO sebelumnya. Sehingga kiprah Anda akan lebih berat kedepannya. Ditambah google itu selalu memperbaharui algoritmanya semoga acara SEO itu semakin diminimalisir, upaya ini ditempuh semoga semuanya itu berlangsung natural. Website mempunyai peringkat cantik ketika website tersebut mempunyai artikel berbobot, dan bermanfaat bagi banyak orang.
Dan lagi ketika seorang berfikir jauh kedepan dan out of the box, menimbulkan website Anda tidak terkurung hanya pada kotak pencarian saja, tetapi lebih kepada loyalitas pengunjung Anda. Tinggal bagaimana menciptakan pengunjung website Anda bermetamorfosis seorang marketer. Bagaimana melakukannya? Saya akan coba sedikit menyinggung ihwal “mengubah pengunjung menjadi member / user, dan mengkonversinya menjadi seorang marketer”.
Sosial Media menciptakan jalur info menjadi jauh lebih terbuka ketimbang periode sebelumnya, meskipun sebelum kala sosmed, para blogger pun berlomba-lomba untuk memperlihatkan semua yang mereka punya, sharing akan informasi, di mana di dunia maya inilah base camp dari semua hal yang berbau gratis, mulai dari info gratis, hingga info makan gratis. Namun sosmed belum bisa mengelompokkan orang berdasarkan ketertarikan mereka.Yang kita lihat di sosmed menyerupai facebook, semua orang campur aduk, mulai dari perempuan yang suka mengkoleksi boneka, hingga laki-laki menggemari olah raga bola. Tidak spesifik.
Misalkan ketika Anda mengepost sesuatu yang istimewa berdasarkan Anda, alasannya yaitu bidang yang Anda tekuni, belum tentu teman-teman Anda itu menganggap hal tersebut istimewa, mungkin Anda akan dikatakan aneh, dan nggak bermutu. Mungkin saja.
Nah berbekal dari duduk perkara itulah perlu ada semacam sebuah wadah yang bisa mengumpulkan mereka dalam satu wadah, yang mana dari wadah inilah mereka bisa mencurahkan semua yang mereka suka atau tidak sukai terkait dengan minatnya. Lebih dihargai alasannya yaitu hasil karyanya, bukan alasannya yaitu popularitasnya yang „ALAY‟. Sehingga ketika ada wadah semacam ini sangat mungkin sekali semua user yang telah bergabung memaksa teman-teman yang juga satu minat untuk ikut bergabung. Kurang lebih menyerupai itu. Untuk pembahasan yang lebih merinci, saya akan bahas di media tersendiri. Mohon maaf.
Lalu apa langkah selanjutnya sesudah SEO On Page? Langkah selanjutnya ialah, koar-koar kemana-mana di dunia maya tentunya, mencari relasi, mencari backlink, hingga balasannya berbondong-bondong mendatangkan pengunjung. Semua akan di bahas secara terperinci pada artikel selanjutnya, SEO Off Page.
EmoticonEmoticon