Tuesday, October 8, 2013

Seni Administrasi Penjualan Produk Secara Online Untuk Produk Umkm Melalui Sosial Media

Internet dikala ini sudah dipakai secara luas. Anda bisa melaksanakan apa saja di internet. Misalnya promosi dan penjualan. Salah satu strategi penjualan produk online untuk produk UMKM yaitu lewat sosial media. Sangat banyak manfaat yang diperoleh dengan memahami strategi penjualan online


Internet dikala ini sudah dipakai secara luas  Strategi Penjualan Produk Secara Online Untuk Produk UMKM Melalui Sosial Media

Media sosial selain dimanfaatkan sebagai ajang menjalin pertemanan, belakangan ini juga dimanfaatkan menjadi salah satu ladang promosi yang cukup potensial.

Aneka jenis produk maupun jasa mulai ramai dipasarkan para pelaku perjuangan melalui akun-akun pribadi yang sengaja dibentuk untuk mempromosikan bisnisnya dan usahanya di dunia maya. Kekuatan media umum (socmed) yang cukup besar, menawarkan laba tersendiri bagi para pelaku usaha. Dengan memahami Strategi Bisnis Dalam Pemasaran dan Promosi Produk UKM Dengan Media Sosial  di Internet , setidaknya para pengusaha bisa mengurangi biaya iklan setiap bulannya dan mendatangkan banyak pelanggan dari banyak sekali kalangan masyarakat.


Apa Strategi Penjualan Produk Online Lewat Social Media Untuk Pemasaran Produk UMKM


Karena itu, bila kita tertarik mempelajari cara untuk memakai media info yaitu media umum kali ini akan dibahas dan informasikan mengenai beberapa hukum maupun adat yang perlu kita perhatikan ketika mengoptimalkan promosi di media sosial.

Pahami Aturan Main


Walaupun tidak ada hukum baku (hitam diatas putih) yang mengatur pasal-pasal dan syarat-syarat bersosialisasi di media sosial, namun penting bagi kita biar jadi mandiri dalam memahami hukum tak tertulis ataupun sopan santun dalam mempromosikan produk maupun jasa. Strategi penjualan online lewat media umum ini bila tidak diperhatikan dengan baik, bisa-bisa perusahaan kita dicap sebagai spam/ gosip sampah sehingga banyak konsumen yang pergi meninggalkan akun Anda, sehingga peluang perjuangan yang sebelumnya sudah kita ciptakan akan menjadi sepi dan menyebabkan collaps.

Memahami Pasar dan Penawaran


Sebelum memasarkan produk atau jasa melalui media online dan media umum sebagai media info di internet, kita harus terlebih dahulu memahami siapa saja sasaran pasar yang hendak kita bidik. Kita tidak bisa memperlakukan semua konsumen ataupun calon pelanggan dengan sama rata, dan mempromosikan produk kita kepada orang-orang yang tidak berkepentingan. Misalnya saja mempromosikan produk perjuangan kecil di bidang mesin percetakan ke pengusaha keripik, dan begitu pula sebaliknya.

Selain itu, anda juga perlu memahami banyak sekali metode transaksi. Karena dikala ini yaitu masa digital dimana semuanya berlangsung dengan cepat, maka untuk mengantisipasinya anda harus mempersiapkan metode transaksi yang diperlukan, contohnya internet banking. Internet banking sangat berkhasiat baik untuk mendapatkan transfer dari pelanggan maupun dikala anda mau bayar belanja online manakala anda berbelanja banyak sekali keperluan.

Membangun komunikasi efektif

Kadang kala para pelaku perjuangan hanya berkonsentrasi dalam memasarkan produk-produknya dengan cara mengirimkan gambar ataupun pesan singkat mengenai sebuah penawaran kepada para konsumennya tanpa memperhatikan komunikasi yang terbangun diantara mereka. Hal inilah yang menciptakan konsumen merasa bosan dengan akun media online kita, sehingga tidak jarang mereka menentukan untuk unfollow atau memblokir akun tersebut alasannya yaitu kita terlalu sering mengirimkan penawaran yang membosankan. Padahal peluang perjuangan melalui online marketing mempunyai potensi besar dalam meningkatkan laba dan penghasilan tambahan, khususnya yang bergerak di bidang UKM maupun sektor wirausaha lainnya.

Memberikan Respon


Ketika mendapatkan sebuah komentar ataupun tanggapan retweet dari para konsumen, kita diwajibkan untuk segera membalasnya dengan tanggapan yang cukup hangat. Respon yang kita berikan kepada konsumen, menjadi salah satu alat yang efektif untuk meyakinkan konsumen bahwa kita mempunyai kepedulian yang cukup besar terhadap permasalahan yang mereka hadapi. Bila kita mendapati pertanyaan yang sangat banyak, selanjutnya kita bisa menambahkan FAQ (Frequently Asked Question) untuk mempermudah para konsumen mengetahui jawaban-jawaban yang mereka butuhkan dari beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan konsumen.Ini sangat penting untuk diterapkan khususnya bagi pelaku wirausaha dan bidang UKM yang memakai internet sebagai media pemasarannya.

Melakukan taktik bisnis efektif biar gampang terindeks mesin pencari


Terakhir, kita perlu melaksanakan beberapa langkah jitu biar pesan promosi yang kita buat di media umum bisa cepat terindeks oleh mesin pencari (Google, Yahoo, dll). Contohnya saja dengan mencantumkan hashtag (#) ketika memakai twitter, cara tersebut bertujuan untuk memudahkan twitter kita terindeks dalam mesin pencari dan berada di posisi pertama ketika para pengguna twitter mencari dengan kata kunci yang kita gunakan. Hal yang sama juga berlaku di facebook.

Nah, sehabis membaca artikel di atas, tentunya kita sudah bisa memulai action dalam menjalankan bisnis online dan memasarkan produk UKM dengan impian mendatangkan untung besar setiap bulannya dengan berpromosi di media sosial.

Bagaimana Menggunakan Strategi Internet Marketing Yang Benar ?


Memang sih, taktik pemasaran online menawarkan fasilitas dan mengurangi biaya, serta ekonomis waktu. Tapi itu hanya bisa dilakukan bila anda memahami dan menerapkannya dengan benar. Masalahnya yaitu apakah anda sudah punya kemampuan untuk menerapkan taktik penjualan produk secara online dengan benar ? Kalau belum, anda bisa mempertimbangkan untuk ikut Kursus Internet Marketing Jakarta, Depok. DUMET School misalanya.  Kursus Internet Marketing DUMET School akan membimbing anda untuk menguasai pasar online secara cepat.



sumber : BisnisUKM : Mengoptimalkan Media Sosial Sebagai Lad

Next

Related


EmoticonEmoticon