Sunday, September 2, 2012

Usaha Kecil Dan Taktik Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing

Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Omzet Usaha Kecil dan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing
Usaha Kecil dan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Usaha Kecil ternyata ada kaitannya. Usaha kecil tidak melulu bicara dilema modal, alat dan materi usaha, cara pembuatan produk dan tenaga kerja saja, tapi juga taktik pemasarannya. Strategi pemasaran yang baik akan meningkatkan daya saing sebuah produk, sehingga khasanah produk menjadi lebih luas dan konsumen mempunyai pilihan untuk membeli produk berkualitas namun harga terjangkau.

Usaha kecil melalui dorongan PPMK misalnya, dengan adanya kelompok perjuangan kecil produktif kemungkinan untuk meningkatkan pendapatan sangat besar, namun kalau tidak mempunyai taktik pemasaran tentu saja sanggup bertolak belakang dengan hasil yang diharapkan. Bisa jadi hasil produksi menumpuk dan kesannya membusuk alasannya yakni tidak ada pasar. 

Dalam menekuni dunia bisnis, munculnya persaingan sudah menjadi hal yang lumrah dan tak sanggup dielakkan lagi, ditambah lagi usaha kecil dan industri kreatif sanggup menyerap lebih banyak tenaga kerja.  Bahkan sanggup dikatakan, munculnya resiko persaingan dalam berbisnis ibarat halnya peribahasa “Ada gula ada semut’. Dimana ada peluang bisnis manis, sanggup dipastikan kalau semut-semut kompetitor akan tiba mengerumuni untuk ikut menikmati peluang bagus tersebut.

Cara meningkatkan perjuangan kecil dan wirausaha sebagai lapangan kerja menguntungkan tentunya harus mempertimbangkan banyak hal, termasuk di dalamnya taktik bisnis atau taktik pemasarannya.Untuk mengantisipasi gempuran persaingan pasar dari para kompetitor, tidak ada salahnya kalau Anda mempersiapkan taktik pemasaran sedini mungkin untuk memenangkan persaingan yang ada di sekitar Anda.

Lalu, kira-kira bagaimana cara meningkatkan perjuangan kecil semoga mempunyai nilai lebih menguntungkan serta mempunyai daya saing ?
  1. Aktif mengamati perkembangan pasar dan mengevaluasi produk atau jasa yang ditawarkan. Perubahan minat dan kebutuhan para konsumen, tentunya menjadi salah satu faktor penting yang perlu Anda perhatikan. Karenanya, untuk sanggup mengatakan nilai tambah bagi konsumen Anda, lakukan survey pasar secara rutin semoga Anda sanggup meng-upgrade kualitas produk dan jasa yang Anda tawarkan. Contohnya saja ibarat menjalankan bisnis kuliner, kini ini banyak konsumen yang menyukai pelayanan cepat, mudah, dan murah. Tidaklah heran kalau kondisi tersebut mulai mendorong para pelaku bisnis masakan untuk mengatakan jasa delivery order untuk memancing minat konsumen dan meningkatkan daya saing bisnisnya di tengah ketatnya persaingan pasar.
  2. Aktif mempromosikan merk bisnis yang Anda miliki. Seperti kita ketahui bersama, kepopuleran merk bisnis yang Anda usung mengatakan nilai tambah tersendiri bagi perkembangan bisnis Anda. Ketika merk bisnis Anda sudah dikenal masyarakat luas, tidak menutup kemungkinan kalau kepercayaan konsumen akan terbangun. Bahkan, mereka tidak segan-segan untuk loyal terhadap merk Anda dan mempromosikannya kepada orang lain di sekitarnya. Strategi promosi inilah yang menciptakan Starbuck Coffe berhasil memenangkan persaingan dan dikenal para konsumen sampai aneka macam bagian negara.
  3. Mencari tahu mengenai kelemahan dan kelebihan para pesaing. Selain aktif mengevaluasi faktor internal di perusahaan Anda, langkah lain yang perlu Anda jalankan yaitu mencari informasi mengenai kelemahan dan kelebihan para pesaing. Dengan begitu, Anda sanggup mengetahui seberapa besar potensi Anda untuk memenangkan persaingan pasar, serta memanfaatkan kelemahan pesaing untuk mengangkat kelebihan produk Anda.artikel perjuangan cara meningkatkan perjuangan kecil dan UKM dengan manfaat internet, atau strategi bisnis dalam pemasaran dan promosi produk UKM dengan media umum di internet, atau juga cara menciptakan perjuangan kecil lebih tangguh dan kreatif serta rujukan lainnya dibutuhkan sanggup menjadi sumber dan media info semoga perjuangan yang direncanakan sanggup dijalankan sesuai yang diharapkan.


(sumber : BisnisUKM : Tips Pemasaran Meningkatkan Daya Saing Bisnis Anda )

Next

Related


EmoticonEmoticon