Saturday, May 28, 2016

Test Dan Ukur Efektifitas Iklan

 Iklan yang efektif ialah iklan yang sanggup menarik perhatian konsumen dan menghipnotis ko Test dan Ukur Efektifitas Iklan

Iklan yang efektif ialah iklan yang sanggup menarik perhatian konsumen dan menghipnotis konsumen untuk mengkonsumsi produk dan jasa
yang dipasarkan.

Iklan yang baik memahami bahwa orang-orang tidak membeli produk, tapi membeli keuntungan
dari produk tersebut dan lebih dari itu iklan yang efektif ialah iklan yang menerima perhatian dan
diingat serta membuat orang-orang bertindak untuk melaksanakan pembelian. ( Shultz and Tannenbaun dalam Shimp, 2000) Disatu pihak iklan sanggup digunakan untuk membangun kesan jangka panjang suatu produk
atau merek dan di pihak lain memicu penjualan yang cepat.
Suatu iklan yang cenderung tidak memiliki efek utama pada sikap konsumen maka akan diragukan bila iklan tersebut sanggup menghipnotis konsumen untuk membeli suatu merek.

Oleh alasannya ialah itu biar merek produk sanggup diterima oleh masyarakat maka iklannya harus dibentuk seefektif mungkin, kreatif, menarik sehingga sanggup menimbulkan efek kasatmata dan membuat keputusan pembelian konsumen.

Ada beberapa metode formal untuk mengukur efektifitas sebuah iklan. Namun secara personal, saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut untuk mengevaluasi apakah iklan tersebut efektif atau tidak:
1. Apakah pesan dalam iklan yang disampaikan sempurna target marketnya? Kepada siapa Anda memasarkan? Apakah keyword interest dan demografi sudah sesuai dengan criteria pembeli produk Anda?
2. Apakah iklan Anda JELAS ‘menempel’ di ingatan audience? Apa pesan yang ingin Anda tuturkan? Cukupkah sekali saja orang membaca ia akan mengerti? Mungkinkah gambar dan text di iklan Anda terlalu rumit sehingga sulit dibaca apalagi diingat?
3. Apakah iklan tersebut berhasil mendatangkan Lead (calon pembeli)? Berapa PIN BB yang bertambah? Berapa sms yang masuk? Berapa follower yang baru? Berapa pembeli yang closing dari iklan?
4. Kapan Anda memasang iklan? Jam berapa anda memasang iklan? Pernahkah anda membandingkan akibatnya kalau ditayangkan siang atau malam?
5. Dimana Anda memasang iklan? Apa media yang anda gunakan? Mengapa memakai media tersebut?

Apakah ada balasan yang benar dari pertanyaan tersebut? Sayangnya, tidak ada balasan yang niscaya alasannya ialah jodoh market bagi produk anda sanggup saja berbeda dari orang lain.

Namun tanpa mencoba anda tidak akan pernah tahu hasilnya. Sukses selalu untuk Anda!

Next

Related


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)