Tuesday, February 19, 2013

Peluang Perjuangan Jamur Di Bengkulu

Peluang Usaha Jamur di Bengkulu dikala ini cukup besar. Jamur dikala ini merupakan salah satu objek perjuangan potensial yang menjanjikan laba bagi masyarakat yang memang ingin berwirausaha, mengingat semakin sempitnya lapangan kerja di Indonesia.


 Jamur dikala ini merupakan salah satu objek perjuangan potensial yang menjanjikan laba bag Peluang Usaha Jamur Di Bengkulu

Prospek Usaha Jamur


Sebagai salah satu flora dengan kadar protein tinggi, tentu saja jamur menjadi salah satu alternatif cadangan protein mengingat ketergantungan akan protein di Indonesia bersumber dari sumber alam maritim menyerupai ikan, cumi-cumi, udang dan lain-lain, sementara tidak semua penduduk di Indonesia tinggal di tempat pesisir.Banyak variasi makanan yang sanggup menjadi komoditi yang menjanjikan dari materi jamur, antara lain  dihidangkan sebagai sup. Dapat pula menjadi makanan cemilan keripik jamur sehingga menjadi makanan khas.

Jamur merupakan flora yang berkembang biak dengan spora. Dengan adanya aplikasi kultur jaringan beberapa puluh tahun belakangan ini sebagai hasil penelitian laboratorium, tentunya semakin mempermudah kita untuk melaksanakan pengembangan. Saat ini proses pengembangbiakan jamur tidak hanya dilakukan oleh lembaga-lembaga penelitian dari kalangan akademisi maupun perusahaan-perusahaan besar yang memanfaatkan jamur sebagai objek dengan banyak sekali tujuan, bahkan seorang petani biasapun sudah bisa melaksanakan kultur jaringan dengan media sederhana tapi manfaat dan laba yang luar biasa. Dengan media-media isu maupun sarana-sarana training yang didapat, hal ini merupakan laba tersendiri bagi mereka yang menjadikan jamur sebagai objek produksi dan komersil. Peluang perjuangan jamur bisa dilirik untuk alternatif perjuangan kecil.

Usaha Jamur di Bengkulu


Sebagai pola yakni di Bengkulu, di mana pembudidayaan jamur mulai meningkat semenjak 2 tahun terakhir. Beberapa tahun sebelumnya perjuangan jamur di tempat ini belum di lirik oleh banyak pihak, hanya dijadikan kegiatan iseng-iseng atau sampingan saja sebagai penyaluran hobi atau mengisi waktu. Namun dari yang semula hanya hobi dan mengisi waktu saja, kini menjadi mata pencaharian utama. Hal ini menjadi momen penting dikala pemerintah mulai menjejali program-program di beberapa dinas dan instansi terkait dengan sejumlah training pembudidayaan. Dan alhasil bisa dilihat dalam 2 tahun terakhir, di mana per lahan-lahan seruan akan jamur semakin meningkat sehingga mengakibatkan ketersediaannya pun tidak bisa memenuhi seruan pasar.

Harga Pasaran Jamur


Memang secara detil para petani jamur belum bisa memastikan berapa harga yang pantas untuk jamur per kilogram, alasannya yakni diadaptasi dengan pemasarannya dan pasar yang ada. Pada umumnya pemasarannya masih dari rumah ke rumah, ada juga yang dijual di pasar. Namun dikala ini sudah ada beberapa perusahaan yang mengajukan seruan khusus untuk dijualkan di toko namun dengan nama produk yang tersendiri. Per Februari 2012 saja 1 kg jamur tiram dihargai Rp 15.000,- , dengan biaya produksi yang kecil (dengan kultur jaringan dan pengembangan spora sendiri tanpa melibatkan pihak lain). Sementara dikala ini seruan bukan hanya dari dalam kota tapi juga memenuhi seruan dari luar kota. Dengan keadaan demikian, paling tidak peningkatan ekonomi masyarakat bisa terangkat.

Hanya saja, meskipun biaya produksi kecil (dengan catatan melaksanakan kultur sendiri), tidak semua petani mempunyai modal dan kemudahan yang cukup untuk meningkatkan produksi jamur. Dan tidak semua pula petani jamur mempunyai kawan perjuangan yang menjadi sponsor mereka. Hal ini sanggup mengakibatkan keterbatasan ketersediaan jamur khususnya jamur tiram di Kota Bengkulu, sehingga mengakibatkan seruan dialihkan ke tempat lain. Pada umumnya sponsor kawan petani jamur berasal dari instansi pemerintah (Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Koperasi dan UMKM) di mana para petani dibuat menjadi satu kelompok (Gapoktan) dan dibina dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan. Sementara yang menjadi permasalahan utama mereka yakni ketersediaan lahan, kemudahan pengembangbiakan (rumah jamur, media/preparat, alat-alat pemeliharaan, tungku dan tabung sterilisasi, materi bakar dan media pemanas), serta modal untuk melaksanakan kegiatan di atas.

Tentu saja akan menjadi sebuah kabar yang menggembirakan apabila mereka mendapat sponsor yang sanggup menjadi kawan usaha. Dan dikala mereka berkembang dengan adanya peningkatan pendapatan yang signifikan, hal ini sanggup membantu pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran, serta menambah lapangan pekerjaan baru. Hal ini akan mengakibatkan efek positif, terutama dari sisi bagaimana cara meningkatkan pendapatan dan perekonomian keluarga.

Prospek Pemasaran Jamur dan Cara Memasarkan Jamur


Untuk pemasaran, dikala ini sebuah forum berjulukan Kanal MitraVisi yang bergerak di bidang UKM, Pemberdayaan Masyarakat dan Jasa Layanan sedang menjajaki untuk menjadi mitra, khususnya pemasaran ke luar Kota Bengkulu. Namun tentu saja akan menjadi hambatan apabila ketersediaan stok tidak mencukupi. Oleh alasannya yakni itu,  Kanal MitraVisi mengatakan kolaborasi kepada lembaga-lembaga yang mempunyai ketertarikan terhadap pengembangan jamur di Kota Bengkulu melalui media online   atau kontak Kanal MitraVisi melalui email.

Bagaimana Cara Melihat Peluang Usaha Jamur

Cara melihat dan memanfaatkan perjuangan jamur sebagai peluang perjuangan yang menggiurkan sendiri memerlukan trik-trik tertentu. Bukan hanya peluang perjuangan jamur saja, tapi semua jenis perjuangan perlu dianalisa bagaimana prospeknya, berapa biaya produksi yang harus dikeluarkan, berapa ongkos pengiriman yang harus dibayarkan dsb. 

:Lalu bagaimana caranya biar anda bisa melihat prospek-prospek perjuangan dengan peluang perjuangan yang manis ? Anda bisa bertanya wacana membuatkan bisnis lewat teman. Anda juga bisa berguru digital marketing dan internet marketing di kursus. Di Jakarta, Depok, Tangerang sendiri tempat Kursus Internet Marketing DUMET School yakni salah satu yang cukup manis untuk anda coba. Hal ini alasannya yakni Kursus Internet Marketing Jakarta, Depok, Tangerang terfavorit ini akan membimbing anda berguru melihat peluang bisnis mulai dari nol hingga bisa. Coba saja. 

Next

Related


EmoticonEmoticon