Thursday, May 17, 2012

Cara Meningkatkan Perjuangan Dengan Promosi Budaya

Cara Meningkatkan Usaha Dengan Promosi Budaya Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mengupayakan beragam cara untuk memperoleh akses yang lebih besar ke pasar-pasar non-tradisional, ibarat Afrika Selatan demi mencapai sasaran pertumbuhan ekspor sebesar 25 persen, tak terkecuali melalui promosi budaya.




"Pada misi dagang ke Afrika Selatan yang akan dimulai dari tanggal 9 hingga 14 April 2012 nanti, kami (Kemendag) akan melaksanakan promosi kuliner melalui aktivitas `Indonesia Night` yang akan diselenggarakan di Cape Town," kata Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamukthi di Jakarta, Rabu.

Menurut Bayu, aktivitas tersebut akan dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat di Afrika Selatan serta komunitas Cape Malay atau warga negara Afrika Selatan keturunan Melayu.

"Komunitas Cape Malay terdiri dari 1,5 juta orang, dan mereka mempunyai kesamaan budaya dengan Indonesia, sehingga dibutuhkan bisa meningkatkan ajakan terhadap produk Indonesia ke Afrika Selatan," kata Bayu.

Rencananya, aktivitas tersebut akan mengusung konsep diplomasi kultur dan kuliner dengan menyajikan bermacam-macam kuliner nusantara yang diiringi dengan pertunjukan musik khas Indonesia.

"Acara `Indonesia Night` juga akan dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Afrika Selatan mengenai Makassar, yang dikenal sebagai tanah kelahiran Syekh Yusuf atau penyebar agama Islam di Afrika Selatan," kata Bayu.

Bayu mengungkapkan bahwa pada kesempatan tersebut, pihaknya akan mengundang tokoh masyarakat Cape Malay untuk melaksanakan wisata religi yang bertepatan dengan pelaksanaan aktivitas `Visit South Sulawesi 2012` dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

"Kami berharap cara ini akan bisa meningkatkan people-to-people contact yang tentunya akan berdampak konkret terhadap kemajuan interaksi business-to-business atau `B-to-B`," kata Bayu.

Kegiatan penetrasi ke pasar Afrika Selatan akan dilakukan secara berkesinambungan, sambung Bayu. Setelah misi dagang itu, pihaknya telah berencana untuk turut berpartisipasi dalam pameran `Africa Big Seven 2012` yang akan diselenggarakan pada 15-17 Juli 2012 di Johannesburg.

Bayu menambahkan, sektor lain yang ingin digarap lebih lanjut oleh Kemendag yaitu industri pariwisata Indonesia. "Kami akan melakukan promosi pariwisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Afrika ke Indonesia," kata Bayu.

Bayu menuturkan hal tersebut kemungkinan sanggup diawali dengan konsep wisata religi yang memanfaatkan kedekatan religius dan emosional masyarakat Cape Malay di Cape Town dengan masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Goa, yang menjadi asal muasal Syekh Yusuf.

sumber : Antara News

Next

Related


EmoticonEmoticon