Thursday, May 17, 2012

Apa Itu Ukm, Serta Bagaimana Cara Meningkatkan Perjuangan Kecil Dan Ukm

Cara Meningkatkan Ekonomi UKM - Dalam beberapa tahun terakhir ini, khususnya semenjak final tahun 90'an gerakan ekonomi kecil mulai didengungkan. Kelompok dan perjuangan kecil itu kini tenar dengan istilah UKM. Apa bahwasanya UKM itu ? Dan apa saja kriteria perjuangan yang disebut sebagai UKM ? 

an gerakan ekonomi kecil mulai didengungkan Apa Itu UKM, Serta Bagaimana Cara Meningkatkan Usaha Kecil dan UKM


Apa Itu UKM


UKM ialah sebuah istilah yang mengacu ke jenis perjuangan kecil yang mempunyai kekayaan higienis paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan kawasan usaha. Dan perjuangan yang berdiri sendiri.

Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang perjuangan yang secara secara umum dikuasai merupakan aktivitas perjuangan kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan perjuangan yang tidak sehat.”


Kriteria UKM


Kriteria perjuangan kecil berdasarkan UU No. 9 tahun 1995 ialah sebagai berikut:
  • Memiliki kekayaan higienis paling banyak Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan kawasan usaha.
  • Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (Satu Miliar Rupiah).
  • Milik Warga Negara Indonesia.
  • Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang tidak dimiliki, dikuasai, atau berhubungan baik eksklusif maupun tidak eksklusif dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar.
  • Berbentuk perjuangan orang perorangan , tubuh perjuangan yang tidak berbadan hukum, atau tubuh perjuangan yang berbadan hukum, termasuk koperasi.



Cara Meningkatkan Usaha UKM

Cara meningkatkan perjuangan kecil dan meningkatnya pendapatan ekonomi rumah tangga, diharapkan tugas serta semua pihak. Bukan hanya pemerintah saja, tapi juga non pemerintah menyerupai swasta, lembaga, maupun komunitas. 


Ada beberapa hal yang sanggup diupayakan untuk mendorong UKM, yaitu :


  • Peran serta pengambil kebijakan (dalam rangka kebijakan pajak, kebijakan fiskal dan peraturan-peraturan pemerintah lainnya yang mendorong meningkatnya ekonomi kecil).
  • Melakukan pendampingan terhadap perencanaan dan pengembangan usaha, termasuk di dalamnya pembinaan pembukuan ekonomi sederhana, pembinaan kapasitas dll.
  • Mengikutsertakan pelaku perjuangan untuk mengikuti seminar dan lokakarya kewirausahaan.
  • Melakukan pelatihan-pelatihan teknologi hasil, mulai dari pengolahan bahan, produksi, penyimpanan, pengemasan, penggunaan alat dan mesin dsb.
  • Penyediaan modal santunan bunga ringan. Modal merupakan salah satu aspek yang paling dibutuhkan dalam pengembangan usaha. Dengan adanya kebijakan perbankan yang mendukung kemaslahatan perjuangan kecil dalam hal bunga yang rendah, para pengusaha kecil akan sangat terbantu. 
  • Pemanfaatan internet untuk promosi dan pemasaran serta penjualan. Adanya internet sangat membantu promosi para pengusaha kecil, alasannya ialah area jangkauannya sangat luas dan irit biaya. Tidak perlu lagi jor-joran mencetak spanduk, iklan di koran dsb. 


Baca Juga :

Nah, sobat, demikian ulasan kita kali ini perihal apa itu UKM dan bagaimana cara meningkatkan perjuangan KSM. Semoga bermanfaat. 

Next

Related


EmoticonEmoticon