Friday, May 25, 2018

Tips Memulai Bisnis Keripik Singkong, Usaha Rumahan Dengan Modal Sedikit Untung Besar

Bisnis Keripik Singkong

Keripik singkong, merupakan cemilan yang pas untuk di konsumsi bersama teman, keluarga, bahkan hanya untuk sekedar teman ngopi. Karena rasanya yang gurih ini membuat keripik singkong menjadi pilihan prioritas bagi sebagian orang, untuk dijadikan menu cemilan sehari-harinya.

Maka dari itu orang Indonesia pasti tidak asing lagi dengan cemilan yang satu ini. Saya ataupun kamu, pasti menyukainya juga kan?

Selain itu, bisnis keripik singkong juga sedang mengalami peningkatan di negeri ini. Selain karena modalnya yang kecil, juga karena untungnya yang besar. Maka dari itu banyak orang yang memilih keripik singkong sebagai alternatif bisnis mereka. Terlebih usaha keripik singkong bisa juga dijadikan sebagai bisnis rumahan.

Nah, bila kamu juga tertarik untuk menggeluti bisnis ini, berikut saya berikan beberapa tips memulai bisnis keripik singkong.

1. Siapkan resep keripik singkong

Hal yang harus kamu lakukan pertama kali untuk menggeluti bisnis ini adalah, mencari beberapa resep keripik singkong yang unik dan paling enak.

Hal ini tujuannya adalah agar kamu bisa menentukan, resep mana yang cocok untuk keripik singkong kamu.

Ingat! Konsumen adalah target kamu agar bisnis yang kamu jalani itu berhasil. Untuk itu, manjakan mereka dengan rasa yang khas dari keripik singkong kamu, yang tidak pernah bisa mereka lupakan. Sehingga, mereka akan terus mengingat keripik singkong buatan kamu di manapun mereka berada.

Dan jika sudah seperti itu, akan sangat pasti mereka akan merekomendasikan keripik singkong kamu ke teman-temannya atau bahkan keluarga mereka.

Maka dari itu, cari resep yang pas!

2. Uji kasus

Sebelum kamu memasarkan keripik singkong buatan kamu, alangkah lebih baiknya bila kamu melakukan uji kasus terlebih dahulu.

Mintalah keluarga kamu ataupun teman kamu untuk mencicipi keripik buatan kamu itu. Jangan merasa rugi! Karena nantinya kamu juga yang akan di untungkan.

Dengarkan masukan-masukan mereka! Apa yang kurang, dan apa yang kelebihan, harus kamu catat! Hal ini agar membantu kamu kedepannya untuk mengembangkan resep yang sudah kamu buat tadi agar lebih baik lagi. Itulah tujuan uji kasus.

3. Siapkan brand

Brand atau nama merek itu penting. Tujuannya adalah agar pelanggan kamu lebih mengenal keripik kamu. Jadi ketika mereka merekomendasikan kepada orang lain, mereka akan menyebutkan nama keripik kamu. Sehingga usaha keripik singkong kamu jadi lebih banyak di kenal orang.

Nah dalam kasus ini adalah masalahnya kemasan. Karena kebanyakan dari kita malas memikirkan kemasan, dan juga tidak mau mengeluarkan sedikit uang hanya untuk membuat kemasan yang nantinya akan di buang juga.  Jadi lebih simpel di bungkus dengan plastik biasa saja dan selesai.

Kalaupun kamu berpikiran seperti itu, tidak masalah. Kamu bisa membuat sebuah banner atau semacamnya dengan nama bisnis keripik singkong kamu, dan kamu pajang di depan tokoh kamu.

Tapi, kalau kamu mau lebih profesional, saya sarankan untuk memikirkan sebuah kemasan dengan nama brand usaha kamu itu.

4. Mulai pasarkan

Kalau kamu sudah siap untuk memasarkan bisnis kamu, maka segeralah pasarkan! Mungkin di awalnya akan ada sedikit keraguan. Seperti takut tidak laku atau semacamnya.

Nah untuk itu, saya sarankan jangan hanya mengandalkan lapak di dunia nyata saja sebagai pemasarannya. Sekarang ini sudah bisa serba online, loh. Maka dari itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai media sosial untuk memasarkan keripik singkong kamu.

Dan media sosial yang paling saya rekomendasikan untuk memasarkan sebuah usaha, khususnya kamu yang baru mulai dan tidak cukup uang untuk pasang iklan, Facebook Marketplace lah solusinya.
Untuk bagaimana cara memasarkan suatu produk di Facebook, silahkan klik disini.

Nah itulah beberapa tips untuk kamu yang saat ini tergiur untuk menjalani bisnis keripik singkong. Semoga tips yang saya berikan bisa bermanfaat dan semoga usaha kamu menemui kesuksesan!

Next

Related


EmoticonEmoticon