Tuesday, May 15, 2018

Cara Bisnis Online Agar Tidak Stuck Sebelum Berhasil

Bisnis online
Gambar: tranyar.co.id


Bisnis online, menjadi salah satu alternatif seseorang untuk mendapatkan penghasilan tambahan ataupun usaha tetap. Hal ini memang terbukti manjur. Tapi mengapa masih banyak orang yang gagal dalam menjalankan bisnis online?

Adalah bukan berarti usahanya yang tidak menjanjikan ataupun semacamnya, melainkan mindset serta caranya yang salah.

Dalam memulai bisnis online, kita tentu sadar bahwa bisnis apapun yang di jalani, pada dasarnya semua tidaklah instan! Tidak ada orang yang memulai bisnis langsung sukses. Semuanya bertahap. Begitupun bisinis di dunia maya.

Jangan hanya karena bisnisnya di dunia maya, lantas kita berpikir semuanya bisa di dapat dengan mudah. Tentu saja tidak! Semua ada proses dan progres nya.

Nah, jika kamu saat ini ingin memulai bisnis online, kamu harus siapkan beberapa faktor sebagai amunisi kamu. Agar nantinya kamu tidak tumbang di tengah jalan sebelum mendapatkan hasil sepeser pun.

Adapun hal-hal yang harus kamu persiapkan adalah sebagai berikut:

  - Bisnis apa yang ingin di jalani?
  - Siapa target pasarnya?
  - Bagaimana mereka tahu bisnis saya?
  - Bagaimana mereka menemukan saya
  - Apa yang membuat mereka tertarik?




Bisnis apa yang ingin di jalani?


Hal yang harus kamu pikirkan pertama kali tentu saja, bisnis apa yang ingin kamu jalani di internet? Ada banyak pilihan yang bisa kamu pertimbangkan dengan matang. Tapi jangan lupa satu hal! Mana yang benar-benar kamu minati?

Kamu bisa mencari beberapa referensi tentang bisnis online yang menjanjikan, dan kamu akan menemukan mana yang paling menguntungkan? Tapi, apakah itu bisnis yang kamu mintai?

Dalam hal ini, kamu jangan sampai tergoda untuk menjalani usaha yang benar-benar tidak kamu minati, atau di luar kemampuan kamu. Walaupun bisnis tersebut sangat menjanjikan kesuksesan kamu, tapi kalau di luar kemampuan kamu, pasti kamu akan tumbang di tengah jalan sebelum kesuksesan datang menghampiri kamu.

Untuk menjalani sebuah usaha, kamu harus perhatikan 2 hal berikut:

  - Hal apa yang saya kuasai?
  - Mengapa saya ingin melakukannya?

Cobalah kamu tanyakan pada dirimu sendiri! Hal apa saja yang sekiranya kamu mampu melakukannya dan tanpa sebuah alasan kamu menyukainya dan senang melakukannya?

Sebagai contohnya saya. Saya sangat menyukai menulis. Dan tanpa alasan apapun, saya benar-benar senang melakukannya. Oleh karenanya saya membuat blog dan mendapatkan hasil darinya.

Tentu saja itu hanya contoh! Jangan sampai kamu berpikir ingin mengikuti saya. Karena bila kamu tidak menyukai menulis, kamu tentu saja tidak akan bisa berhasil.
Kamu bisa melakukan hal yang lainnya, yang benar-benar kamu banget (ahli melakukannya).

Sebagai contoh lainnya. Kamu menyukai membuat kue. Mengapa tidak mencoba memasarkan kue buatan kamu di internet? Kamu bisa memanfaatkan Facebook sebagai lapak online kamu. Karena di Facebook kamu dapat memilih target wilayah pasar yang dekat dengan tempat tinggal kamu.





Dengan kamu melakukan sesuatu yang kamu suka, maka kamu tidak akan pernah bosan ataupun malas mengerjakannya. Untuk itu, pikirkan baik-baik, "apa yang kamu sukai?"


Siapa target pasarnya?


Langkah kedua adalah kamu harus tentukan siapa target pasar bisnis online kamu? Karena dengan menentukan target, kamu akan menemukan orang-orang yang relevan dengan bisnis yang kamu jalani.

Kamu tidak mungkin kan menjual pakaian cewek kepada cowok? Tapi kamu bisa memanfaatkannya dengan suatu strategi. Seperti, "Akan seperti apakah cewek kamu bila memakai gaun ini?" Tentu saja itu akan menjadi relevan.

Ingat! Dalam melakukan jangkauan kepada calon pelanggan, kamu harus benar-benar bisa memasarkannya dengan cara yang relevan. Jangan sampai nyepam di kolom komentar artis atau dalam bentuk apapun. Itu akan terlihat kalau bisnis kamu adalah bisnis abal-abal.

Ada baiknya kamu buat fanpage sendiri dan mempromosikannya dengan cara berbayar. Itu lebih baik daripada menjadi spam.




Bagaimana mereka tahu bisnis saya?


Dalam kasus ini sebenarnya simpel. Kamu cukup membuat brand dari bisnis online yang kamu jalani tersebut. Dan orang-orang akan tahu bahwa kamu sedang menawarkan sesuatu.

Namun, brand saja tidak cukup. Kamu harus mendeskripsikan apa saja yang kamu jual? Dengan begitu orang-orang jadi tau apa yang harus di lakukan dengan bisnis kamu.

Misal, kamu menjual barang-barang sport dan kamu menamai brand bisnis kamu dengan nama 'Airlangga Sport'. Tentu saja orang-orang akan bingung, barang-barang sport apa saja yang ada di toko kamu itu?

Lain halnya jika kamu memberikan sebuah deskripsi. Misal, 'Airlangga Sport Menjual berbagai perlengkapan sport, seperti kaos bola, sepatu bola, dan semacamnya'. Tentu dengan begitu orang-orang akan tahu, apa yang harus mereka lakukan dengan bisnis kamu itu.

Dan jika saja mereka minat, mungkin mereka akan langsung membuat panggilan kepada kamu dan terjadilah transaksi online.

Bagaimana mereka menemukan saya?


Maksud 'menemukan saya' dalam hal ini adalah bisnis yang kamu jalani.

Agar orang-orang dapat menemukan bisnis kamu, tentu saja kamu membutuhkan yang namanya promosi. Mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Antara gratis dan berbayar, tentu saja masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Seperti halnya promosi gratis. Kita tidak mengeluarkan uang, tapi tentu saja itu butuh waktu yang lama untuk menjangkau pelanggan secara luas. Begitupun sebaliknya. Jadi, silahkan pilih metode promosi sesuai keinginan sendiri.

Adapun cara yang harus kamu lakukan sebelum melakukan promosi, kamu harus membuat sebuah wadah atau tempat untuk menaruh barang-barang dagangan kamu.

"Loh, kan bisnis online? Kenapa butuh tempat?"

Meskipun bisnis online, kita juga harus menyiapkan tempat untuk barang dagangan kita. Namun, bukan tempat dagangan seperti di dunia nyata, melainkan sebuah laman yang kita gunakan sebagai lapak kita. Seperti blog atau website pribadi, atau Facebook fanpage. Apapun itu, asalkan bisa di gunakan sebagai lapak, itu bukan masalah.

Sebenarnya jika kamu tidak mau repot mengurus halaman bisnis yang kamu buat, kamu bisa memanfaatkan aplikasi online shop yang tersedia. Seperti Bukalapak, Tokopedia, dan semacamnya.

Meski begitu, kamu juga tetap akan di berikan sebuah laman untuk kamu urus. Intinya, dimana pun sebuah usaha di jalankan, pasti membutuhkan yang namanya tempat (lapak). Karena jika tidak ada lapak, pelanggan akan kesulitan menemukan kamu.

Sebagai contohnya tukang bakso keliling dengan tukang bakso mangkal. Akan lebih mudah yang mana untuk di temukan? Sudah pasti tukang bakso mangkal, kan?

Apa yang membuat mereka tertarik?


Langkah terakhir adalah mencari tahu apa yang dapat membuat calon pelanggan tertarik dengan bisnis kamu?

Karena pada kenyataannya, pasti ada saja bisnis yang serupa dengan bisnis yang kamu jalani. Untuk itu, kamu harus cari tahu, "apa yang sekiranya membuat mereka lebih memilih kamu, dibanding pesaing kamu?"

Adapun tips yang bisa kamu terapkan, sebagai berikut:

a) Pastikan barang dagangan kamu lebih menggoda dibanding yang lain

Maksudnya adalah, meskipun usaha yang kamu jalani itu sama dengan beberapa pesaing kamu, kamu harus membuat sebuah perbedaan sebagai pertimbangan calon pembeli.

Misalnya kamu berbisnis online dengan menjual kaos bola. Nah, kamu promosikan kaos-kaos bola dengan motif terbaru ataupun yang paling langka (susah di temukan).

Karena biasanya, fans bola yang fanatik akan menganggap itu sesuatu yang unik. Bisa jadi tanpa basa-basi mereka langsung bertransaksi denganmu.

Ataupun cara lainnya dengan membuat dagangan mu lebih lengkap dari yang lainnya.

Dengan begitu, pelanggan akan dimudahkan dengan berbagai macam pilihan, dan tidak perlu melirik ke toko sebelah jika tidak ada di tempat kamu. Karena tempat kamu lebih lengkap dari yang lain.

b) Berikan pelayanan yang memuaskan

Sejauh ini, bisnis online menang dibilang susah-susah gampang. Gampangnya ya kita tidak perlu keliling ataupun nyewa tempat untuk jualan, tapi cukup memantau lewat laptop ataupun hape.

Namun yang susahnya ya, jika ada pelanggan yang bawel dan tidak sabaran atas keterlambatan pengiriman. Kita bisa saja di bilang nipu ataupun yang lainnya.

Tapi yang pasti, apapun kondisinya kamu harus tetap bisa melayani konsumen kamu dengan baik. Karena sejauh ini yang membuat pengusaha sukses itu tidak lain adalah konsumen. Jadi, cobalah mulai belajar bersikap ramah pada orang yang ngeselin. Karena itu bisa kamu jadikan sebagai pelajaran untuk menghadapi pelanggan yang ngeselin.




Nah itulah beberapa tips dasar untuk memulai bisnis online. Tentunya semua itu tergantung bagaimana cara kamu mengelola bisnis kamu. Kalau kamu setengah-setengah, maka sudah pasti akan gagal. Tapi bila serius dan fokus, atas ijin Tuhan, mudah-mudahan berhasil. Salam sukses!

Next

Related


EmoticonEmoticon