Thursday, June 9, 2016

Tujuh Diam-Diam Sukses Facebook Marketing

 Ada ratusan situs jejaring sosial yang ketika ini beroperasi di internet Tujuh Rahasia Sukses Facebook Marketing

Rahasia #1: Fokus
Ada ratusan situs jejaring sosial yang ketika ini beroperasi di internet. Ada facebook, twitter, plurk, koprol, google buzz, dan sebagainya. Masing-masing mempunyai keunikan dan kelebihan masing-masing.

Dari banyaknya situs jejaring sosial, bisa menarik hati Anda untuk menghabiskan waktu memakai terlalu banyak jejaring sosial dalam upaya pemasaran Anda.

Sepertinya akan membuka peluang yang banyak, namun pada kenyataanya hal ini bisa menjadikan proses pemasaran kita terganggu. Mengapa bisa merusak? Sebab banyak orang yang mulai “kecanduan” dalam memakai jejaring sosial sehingga ia banyak menghabiskan waktu hanya
untuk mengurus jejaring sosial. Padahal bisnis bukan hanya pemasaran, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan selain hanya mengurusi jejaring sosial saja.

Yang kedua, ketika kita tidak fokus, maka kita tidak bisa menyajikan sesuatu yang berkualitas. Kekuatan kita terbagi. Oleh lantaran itu, Anda harus tetap fokus pada aspek pemasaran dalam keterlibatan sosial Anda. Anda juga harus membatasi kegiatan jaringan sosial Anda. Pilih 1-2 saja dari situs jejaring sosial diatas untuk mencegah turunnya kualitas pemasaran Anda.

Saya sendiri tidak banyak mengikuti jejaring sosial. Fokus saya di facebook. Meskipun saya mengikuti jejaring social yang lain, namun perhatian saya utamakan ke facebook dan menawarkan yang terbaik di facebook. Percuma mempunyai akun banyak social network tetapi tidak bisa menawarkan yang terbaik.

Selain fokus pada jejaring sosial tertentu saja (beberapa boleh), kegiatan kita juga harus fokus pada kegiatan marketing. Jangan hingga terjebak oleh kegiatan yang tidak bermanfaat ibarat berdebat, main game, dan hanya berchatting ria tanpa membawa manfaat.

Rahasia #2: Kualitas
Rahasia kedua ialah kualitas dibandingkan kuantitas. Apa saja yang harus diperhatikan persoalan kualitasnya?

Pertama kiriman yang Anda kirim baik di profil, halaman, maupun group. Jika Anda mengirimkan sesuatu yang berkualitas maka akan menawarkan pengaruh viral. Facebook yaitu kawasan yang anggun untuk saling berbagi. Jika seseorang menemukan sesuatu yang berkualitas mereka akan berbagi, sengaja atau tidak.

Saat seseorang menawarkan komentar atau setidaknya menyukai kiriman kita, ia bekerjsama sudah membuatkan kepada teman-temannya. Teman-temannya akan tahu kalau ia menyukai kiriman kita, kemudian ingin tau untuk melihat. Dan terus ibarat itu sehingga akan terjadi pengaruh viral.

Facebook juga mempunyai fitur membuatkan atau share, ini yaitu cara membuatkan dengan sengaja. Biasanya berupa tautan atau catatan mempunyai fitur untuk berbagi. Misalnya Anda menulis catatan (note) di halaman Anda. Jika mereka suka, mereka akan membagikannya sehingga akan muncul di profil dia. Jika halaman Anda mempunyai 1.000 penggemar, kemudian semuanya membuatkan dan rata-rata mereka
mempunyai 1.000 teman, maka catatan Anda berpotensi muncul di 1.000.000 pengguna facebook.

Rahasia #3: Tertarget
Jika sebelumnya kita sudah membahas fokus pada beberapa jejaring sosial saja dan begitu juga dengan kegiatan kita. Selain itu kita pun perlu fokus pada sasaran pasar tertentu. Karena menciptakan halaman dan group itu gratis, Anda bisa menciptakan masing-masing untuk satu target. Target berbeda akan memerlukan perlakuan yang berbeda pula.

Apa yang Anda kirimkan dan cara mengirimkannya akan berbeda untuk setiap target. Target remaja tentu akan berbeda dengan sasaran dewasa. Target pebisnis akan berbeda dengan sasaran pekerja. Begitu juga sasaran pria akan berbeda dengan sasaran perempuan.

Rahasia#4: Jadilah Bagian Dari Komunitas
Selain mengurus komunitas yang dibentuk sendiri, ada baiknya ada mengikuti banyak sekali komunitas yang ada diaktiflah disana. Selain untuk mendapatkan teman, aktif di komunitas juga bisa berkhasiat untuk mendapatkan kontak bisnis.
Cara terbaik aktif di komunitas ialah dengan berkontribusi. Anda bisa mengirimkan sesuatu yang berkhasiat atau menjawab banyak sekali pertanyaan yang muncul. Dengan cara itu Anda akan menjadi orang yang dipercaya, gampang akrab, dan dianggap ahli. Ini akan sangat berkhasiat untuk bisnis Anda. Suatu ketika Anda memerlukan sesuatu akan lebih mudah.

Jangan sekali-kali melaksanakan SPAM. Saya melihat banyak pebisnis pemula yang melaksanakan SPAM dengan cara bergabung dengan komunitas besar kemudian ia mengirimkan link promosi. Jangan lakukan ibarat itu, lantaran dapat dipercaya Anda akan turun dimata orang.

Luangkan waktu setiap hari untuk aktif di banyak sekali komunitas. Anda bisa bertanya, menjawab, atau mengirimkan sesuatu. Memang diharapkan konsistensi dan kesabaran. Namun hasilnya akan membayar. Hasil yang akan sanggup akan jauh lebih besar dibandingkan Anda melaksanakan SPAM.

Mungkin Anda akan mendapatkan 1 atau 2 penjualan tetapi sehabis itu Anda bisa diblok atau dibenci
orang. Namun kalau Anda bersikap ibarat warga yang baik, Anda akan mendapatkan peluang yang lebih baik.

Tujuan aktif di komunitas ialah untuk mendapatkan respek dan kepercayaan dari orang lain di komunitas tersebut. Hal ini bisa Anda dapatkan kalau Anda menawarkan donasi yang bermanfaat bagi komunitas secara konsisten dan terus menerus.

Rahasia #5: Kreatif
Anda akan dituntut untuk terus aktif, baik pada group maupun halaman Anda sendiri maupun aktif di komunitas. Suatu ketika Anda bisa kehilangan ide “mau melaksanakan apa”. Untuk itulah dituntut kreativitas tinggi biar Anda tetap eksis. Agar halaman dan group Anda tetap segar menawarkan manfaat bagi audiens Anda.

Langkah awal perilaku kreatif dimulai dengan materi baku. Bahan baku itu ialah informasi. Kaprikornus jangan malas untuk terus mengupdate informasi biar Anda tidak kehabisan ide. Teruslah membaca buku, membaca ebook, artikel, dan sebagainya sehingga Anda tidak kehabisan ide.

Saat Anda mempunyai sebuah halaman, biar halaman Anda terus aktif dan berkembang, Anda harus rajin mengirimkan status, catatan, maupun link yang bermanfaat. Dengan cara itu halaman Anda akan terus berkembang secara viral. Ikuti juga halaman-halaman orang lain. Anda akan banyak menemukan ide untuk halaman Anda. Bukan berarti menjiplak, tetapi ide yang bisa Anda lakukan untuk halaman Anda. Semakin kreatif Anda, akan semakin cepat pertumbuhan halaman Anda.

Rahasia #6: Berpikir Seperti Pembaca
Saat Anda akan mengirimkan sesuatu di halaman atau di group, pikirakan apa yang akan dipikirkan oleh pembaca. Kira-kira bagaimana reaksi mereka. Mungkin bakal ada yang marah, tersinggung, mendukung, memunculkan perdebatan, dan sebagainya. Kemungkinan itu harus diantisipasi semenjak awal supaya Anda siap.

Atau kalau sekiranya akan membawa akhir yang buruk, sebaiknya batalkan saja. Dari pengalaman, Anda akan mengetahui kiriman-kiriman ibarat apa yang disukai atau tidak. Kiriman ibarat apa yang memungkinkan memunculkan salah pengertian, termasuk kiriman ibarat apa yang akan menjual. Semuanya akan ditentukan oleh sasaran pasar Anda dan topik bahasan Anda.

Jangan lantaran merasa benar, Anda boleh mengirimkan sesuatu dengan bahasa yang seenaknya. Tujuan baik dengan bahasa yang tidak baik bisa mengakibatkan sesuatu yang tidak baik yang hasilnya akan menjadikan halaman atau group Anda ditinggalkan.

Salah satu yang perlu dihindari ialah perdebatan tidak berujung. Bagaimana pun kita merasa benar, akan selalu ada orang yang membantah, meski pun dengan bantahan kolot atau bantahan kosong. Justru orang macam ini tidak akan pernah berhenti untuk berdebat. Kaprikornus hindari kiriman yang akan mengundang perdebatan. Jika terjadi stop sesegera mungkin.

Kenapa harus menghindari perdebatan? Perdebatan tidak akan menghasilkan penjualan tetapi akan menguras energi dan waktu Anda. Perdebatan yaitu sesuatu yang tidak produktif di facebook. Fokuslah mengirimkan sesuatu yang bermanfaat dan menjual.

Rahasia #7: Komunikatif
Facebook yaitu media untuk komunikasi. Pemasaran, promosi, dan menjual yaitu komunikasi juga. Maka syarat sukses pemasar di facebook yaitu harus komunikatif. Artinya harus bisa berkomunikasi dengan baik.

Komunikatif bukan berarti segala ditulis, bahkan menuliskan hal-hal yang tidak perlu. Komunikatif yaitu bisa memberikan pesan sedemikian hingga peserta pesan bisa mendapatkan maksud pesan tersebut. Sepertinya mudah.

Tetapi lantaran audien berasal dari banyak sekali kalangan, kesalahan pengertian mungkin saja terjadi.

Salah satu keterampilan yang dimiliki oleh orang yang komunikatif ialah bisa “mendengarkan” audiens. Dalam dunia facebook, tentu saja yang disebutkan mendengarkan ialah dengan membaca tulisan-tulisan audiens, kemudian dipahami, dan Anda mengirimkan pesan sesuatu dengan bahasa mereka.

Luangkanlah waktu untuk membaca komentar-komentar audiens Anda. Jika perlu catat kalau ada sesuatu yang perlu di catat.

Next

Related


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)