Thursday, February 14, 2013

Cara Meningkatkan Produktivitas Ukm Dengan Klasterisasi

 dan kewirausahaan atau perjuangan kecil ternyata sanggup dilakukan dengan klasterisasi Cara Meningkatkan Produktivitas UKM Dengan Klasterisasi
Cara meningkatkan produktivitas UKM dan kewirausahaan atau perjuangan kecil ternyata sanggup dilakukan dengan klasterisasi, khusus untuk UKM dan perjuangan kecil yang bergerak di bidang fashion dan tekstil beserta turunannya.


Metode yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM ini konon bertujuan untuk mempermudah melaksanakan pembinaan sehingga produktivitas sanggup meningkat.

Cara meningkatkan UKM dan perjuangan kecil dengan klasterisasi ini akan menggandeng asosiasi perancang mode sampai pengusaha para pengusaha besar untuk memperlihatkan pembinaan dan pendampingan kepada UKM dan wirausahawan yang bergerak di bidang fashion. UKM fashion dan tekstil mempunyai peranan penting dan signifikan, dimana sekitar 10% dari 55,3 juta pelaku UKM di Indonesia bergerak di bidang ini. 


UKM fashion dan tekstil akan disatukan dalam satu klaster, dimana tahap pertama akan dilakukan pemetaan terhadap pelaku perjuangan tersebut. Jika data telah diterima, maka akan dibuat kluster fashion, kemudian diberikan pelatihan, pendampingan dan pembinaan mengenai standarisasi, desain, derma HKI,  hingga promosi dan pemasaran produk. 

UKM fashion ditargetkan akan menimbulkan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia tahun 2015. Terkait hal ini, Kementerian Koperasi dan UKM telah menyiapkan sentra wirausaha muda dimana salah satu divisinya menangani fashion berikut pembinaan kepada pelaku UKM tersebut. Selain itu juga telah dibangun Gedung Promosi Produk UKM SME Tower di UKM Gallery, sentra pembinaan UKM di Ciawi, 

Tentu saja ini menjadi warta menarik sebab UKM dan perjuangan kecil terbukti menjadi rujukan ekonomi Indonesia yang bisa bertahan di tengah krisis global ketika ini. 


(sumber : Kementerian Ekonomi dan UKM)

Next

Related


EmoticonEmoticon