Tuesday, June 28, 2016

Panduan Seo Website

 Era digital menciptakan gosip di internet menjadi contoh penting dalam kehidupan insan m Panduan SEO Website

Era digital menciptakan gosip di internet menjadi contoh penting dalam kehidupan insan modern. Orang menggunakan gosip internet untuk mengetahui banyak hal, mulai dari kejadian yang baru-baru ini terjadi, tren terbaru dikala ini, hingga menentukan barang apa yang harus dibeli.

Kami menyadari betul adanya fenomena imbas besar gosip yang berada di internet. Kami juga menemukan fenomena ini dalam kehidupan sehari-hari, bahkan dalam hal yang remeh-temeh sekalipun. Salah satunya yaitu kejadian yang terjadi di kantor kami beberapa waktu lalu.

Salah satu dari karyawati kami gres saja kembali bekerja sesudah cuti. Tidak banyak yang berubah dari dia, kecuali wajahnya yang terlihat berbeda. Tentu saja ini mengakibatkan pertanyaan di kalangan karyawati yang lain, “Pakai krim wajah baru? Merk apa?” Sambil tersipu, karyawati tersebut menyebutkan sebuah brand kosmetik impor terkenal. Apa yang terjadi selanjutnya? Jam makan siang hari itu dihabiskan para karyawati kami untuk mencari tahu wacana produk kosmetik yang digunakan oleh karyawati yang gres saja kembali dari cuti tersebut.

Mereka mencari tahu gosip wacana produk tersebut, wacana harganya, dan review produk kecantikan tersebut. Mereka juga mulai membanding-bandingkan dengan produk lain, sebelum alhasil sebagian dari mereka tetapkan untuk membeli produk yang dimaksud. Fenomena ini jauh berbeda dari apa yang terjadi di masa lalu. Di masa lalu, jikalau Anda mengetahui sobat Anda menggunakan produk tertentu, Anda akan mencari tahu informasinya dari dia, kemudian tiba ke konter atau toko yang menjual barang tersebut dan melaksanakan “penelitian” dengan membaca brosur atau detail produknya, kemudian tetapkan untuk membelinya.

Berikut ini yaitu citra proses yang terjadi dikala orang melaksanakan pembelian di jaman dulu:
 Era digital menciptakan gosip di internet menjadi contoh penting dalam kehidupan insan m Panduan SEO Website

Keterangan 
Stimulus: mendapat gosip mengenai sebuah produk atau layanan, bisa dari iklan, maupun rekomendasi orang lain. 
First Moment of Truth: pergi ke toko dan menciptakan keputusan untuk membeli atau tidak Second Moment of Truth: menggunakan produknya dan puas 

Proses tersebut telah banyak berubah dikala ini, para konsumen tidak lagi hanya mengalami apa yang disebut sebagai first moment of truth dan second moment of truth ibarat keterangan di atas. Di kala modern ini, konsumen juga mengenal yang dinamakan sebagai Zero Moment of Truth (ZMOT) ibarat pada skema di bawah ini:
 Era digital menciptakan gosip di internet menjadi contoh penting dalam kehidupan insan m Panduan SEO Website
Keterangan
Stimulus: orang mengetahui produk/layanan dari iklan maupun dari rekomendasi
ZMOT: orang mencari tahu hal-hal seputar produk/layanan tersebut dari internet
First Moment of Truth: melaksanakan keputusan untuk membeli atau tidak
Second Moment of Truth: menggunakan produknya dan puas

Pada skema tersebut, bisa diketahui bahwa ZMOT yaitu sebuah periode di mana calon konsumen menggunakan internet untuk mencari tahu gosip yang akan menjadi dasar keputusan untuk melaksanakan pembelian.

Tidak hanya hingga di situ, konsumen yang alhasil menggunakan produk atau layanan tersebut akan memberikan feedback dalam bentuk review maupun sekedar status di media umum yang alhasil bisa menjadi sumber ZMOT bagi calon konsumen lainnya yang mencari gosip wacana produk tersebut.

Seberapa pentingkah ZMOT? Perhatikan fakta berikut mengenai seberapa banyak orang yang melaksanakan pencarian info di internet sebelum membeli:
 Era digital menciptakan gosip di internet menjadi contoh penting dalam kehidupan insan m Panduan SEO Website

Dari data ini, sanggup dilihat bahwa 54% konsumen di Indonesia melaksanakan pencarian gosip di internet sebelum tetapkan untuk membeli.

Dengan demikian jelaslah bahwa jikalau produk atau layanan yang kita miliki tidak berada di internet, kita akan kehilangan lebih dari separuh calon konsumen.

Cara yang paling gampang untuk “berada di internet” yaitu dengan mempunyai website. Namun apakah menciptakan website saja sudah cukup? Jawabannya yaitu TIDAK! Mengapa? Memiliki website tidak menjamin Anda memenangkan persaingan bisnis, alasannya yaitu pesaing-pesaing Anda pun menggunakan cara yang sama. Kaprikornus apa yang harus Anda lakukan?

1. Perhatikan Konten Website Anda
Mengapa selalu konten yang jadi sorotan? Karena pelanggan Anda yaitu manusia! Calon pelanggan Anda yaitu orang-orang yang akan memperhatikan tiap detail konten Anda sebelum menciptakan keputusan untuk melaksanakan pembelian atau tidak.

“Buatlah situs yang menarik untuk pengguna internet, bukan untuk search engine. Jangan menipu pengunjung dengan menampilkan konten yang berbeda dari yang ada di hasil pencarian search engine” (Google Expert)

Jika konten Anda buruk, maka ZMOT yang seharusnya yaitu Zero Moment of Truth bisa menjelma Zonk Moment of Truth yang seharusnya bisa mendatangkan pelanggan malah menciptakan mereka kabur. Siapa yang mau membeli produk yang dijual di website dengan konten amburadul? Anda mau? Tentu saja tidak!

Selain itu, ternyata konten yang baik juga baik untuk SEO dan meningkatkan peringkat Anda di halaman pencarian.

“Jika tidak ada orang yang tertarik mengunjungi website Anda, maka search engine pun akan mengabaikan keberadaan website Anda!”

Efeknya akan kembali ke Anda lagi: kalau konten bagus  banyak orang yang akan mengunjungi  SEO bagus  peringkat website Anda tinggi  lebih gampang ditemukan  banyak orang yang akan mengunjungi. Voila! Ini kesempatan besar untuk menjaring calon konsumen!
“Dalam teknologi pencarian, ada dua hal yang penting: keterkaitan (relevance) dan seberapa penting konten tersebut!”

Kaprikornus bagaimana cara supaya konten Anda cemerlang di mata calon pelanggan dan baik untuk SEO?

a. Konten Anda harus menarik dan meninggalkan kesan. Selain itu, Anda harus menciptakan konten yang menciptakan pengunjung website Anda tertarik untuk memberikan apa yang Anda tulis kepada orang lain lagi. Ini akan bagus untuk SEO dan penjualan. Ingat! Tidak ada orang yang membagikan gosip yang membosankan. Maka, hindari menampilakn konten yang menciptakan orang bosan.
b. Konten Anda harus relevan alias terkait dengan produk Anda, terkait dengan calon pelanggan Anda.
c. Konten Anda harus penting untuk diketahui. Selain itu, perhatikan juga apakah konten tersebut menciptakan calon pelanggan Anda mempunyai keputusan yang lebih baik? Apakah menghibur? Apakah menciptakan pelanggan Anda membagikan gosip tersebut kepada orang lain?

2. Manfaatkan 5 Detik Pertama yang Sangat Berharga
“Pengunjung website hanya punya waktu sekitar 5 detik untuk menentukan apakah mereka akan meninggalkan website Anda atau tidak”

Lima detik pertama yaitu waktu yang krusial untuk menarik perhatian pengunjung website. Maka, pastikan maksud atau fokus website Anda sanggup diketahui oleh pengunjung website Anda hanya dalam waktu lima detik pertama saja.

Jika dalam 5 detik, pengunjung website tidak paham apa yang Anda tawarkan, besar kemungkinan mereka akan meninggalkan website Anda.

Perhatikan contoh website di bawah ini:
 Era digital menciptakan gosip di internet menjadi contoh penting dalam kehidupan insan m Panduan SEO Website
Apakah dalam 5 detik Anda bisa mengetahui apa fokus dari website ini? Apa yang ditawarkan? Apakah Anda tertarik untuk melaksanakan transaksi?

Bandingkan dengan contoh website yang kedua ini:
 Era digital menciptakan gosip di internet menjadi contoh penting dalam kehidupan insan m Panduan SEO Website
Mana yang lebih gampang Anda pahami isinya hanya dalam 5 detik saja? Apakah contoh website pertama atau yang kedua?

Mari kita bandingkan. Dari pemilihan nama website, Overseas Zone masih belum terlalu berpengaruh alasannya yaitu orang tidak pribadi tahu apa yang ditawarkan. Kata overseas memang mengacu pada arti “luar negeri”, tetapi berapa persen orang yang tahu artinya? Berapa yang paham betul apa yang ditawarkan website ini?

Sedangkan di contoh website nomor dua, nama domain kutukutubuku.com sudah memperlihatkan bahwa website ini berisi wacana buku. Selanjutnya, dari banner yang bertuliskan “Book Festival” dan foto-foto sampul buku di bawahnya terang menyatakan bahwa website ini menjual buku.

“Semakin familiar kita dengan sesuatu, maka semakin gampang kita akan menyukainya. Sesungguhnya ini hanyalah imbas dari gampang atau tidaknya sesuatu dipahami” (Zajonc, 1968)

Coba perhatikan dua contoh website di bawah ini. Keduanya menjual dasi. Namun dengan pemilihan warna dan juga tata letak dalam website tersebut, maka contoh website yang sebelah kiri menjadi lebih gampang dipahami daripada contoh yang sebelah kanan.

 Era digital menciptakan gosip di internet menjadi contoh penting dalam kehidupan insan m Panduan SEO Website
Tentu saja desain website yang sebelah kiri yaitu yang kami rekomendasikan untuk website Anda. Terutama jikalau Anda hanya punya waktu 5 detik untuk menarik perhatian calon konsumen sebelum mereka tetapkan untuk meninggalkan website Anda alasannya yaitu resah apa bahwasanya yang Anda tawarkan (seperti pada contoh website di atas yang sebelah kanan). Mari kita lihat kembali contoh website overseaszone.com. Ternyata, selain gagal memperkenalkan layanannya dalam 5 detik pertama, website tersebut juga kurang jeli dalam menentukan kata-kata. Perhatikan serpihan berikut:
 Era digital menciptakan gosip di internet menjadi contoh penting dalam kehidupan insan m Panduan SEO Website
Kolom pencarian ini muncul di serpihan atas website overseaszone.com.

Pengunjung website yang masih belum paham bahwasanya apa yang ditawarkan oleh website ini akan bertambah resah alasannya yaitu tiba-tiba harus menentukan kursus. Kursus apaan sih maksudnya?

Selain itu, kata-kata “Pilih Kursus” di serpihan kolom pencarian ini kurang mengena dan kurang personal.

Bandingkan jikalau tulisannya diganti dengan, “Ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri? Cari bidang pendidikan Anda di sini!

Kesalahan lain yang ada pada website tersebut ada di serpihan ini:
 Era digital menciptakan gosip di internet menjadi contoh penting dalam kehidupan insan m Panduan SEO Website
Bagian ini juga muncul di halaman pertama. Apa kesan Anda?

Bayangkan Anda yaitu pengunjung website yang masih belum tahu apa bahwasanya layanan website ini (karena mereka tidak memberikan keterangan apapun mengenai layanan mereka di serpihan awal) kemudian tiba-tiba Anda disodori layanan mereka dengan harga yang fantastis, puluhan bahkan ratusan juta. Tanpa keterangan apapun mengenai apa saja komponen dari biaya tersebut.

Apa yang akan Anda lakukan? Sebagian besar dari Anda niscaya akan pribadi kabur tanpa membuang banyak waktu.

Karena itulah, meskipun website ini menggunakan sistem meningkatkan secara optimal secara maksimal tetapi hanya bisa menghasilkan sedikit konversi. Mengapa? Karena kesalahan pembuatan website yang dibuatnya dalam aturan 5 detik pertama. Setelah lima detik pertama, sebagian besar pengunjung website cenderung kabur dari website ini tanpa melaksanakan transaksi apapun.

3. Hindari Jargon
Hindari jargon-jargon alasannya yaitu bukan itu yang bahwasanya dicari konsumen. Konsumen mencari gosip yang sesuai dengan kebutuhan mereka, bukan mencari layanan yang menggunakan jargon yang kadang justru terlihat lebay.

Banyak orang berpikir bahwa jikalau mereka memberikan kerjasama B2B (business to business) mereka sebaiknya menuliskan jargon yang spektakuler supaya perusahaan lain yang akan menjadi klien tertarik untuk bekerja sama. SALAH! Manager atau pemilik perjuangan sekalipun, yaitu insan juga. Semakin Anda menggunakan kata-kata yang berlebihan, mereka justru semakin menjaga jarak dengan apa yang Anda tawarkan.

4. Beri Kemudahan untuk Membeli dari Anda
Perhatikan hal-hal berikut ini untuk menciptakan pelanggan merasa bahwa melaksanakan transaksi di website Anda gampang dan menyenangkan.

a. Berikan gosip yang terang kepada pelanggan Anda wacana apa yang harus mereka lakukan selanjutnya. Selalu berikan petunjuk dalam setiap halaman website Anda.
b. Jangan berikan terlalu banyak pilihan kepada pelanggan Anda. Sebuah pepatah menyampaikan bahwa semakin banyak pilihan maka akan semakin sulit pelanggan Anda untuk menentukan pilihan. Jika Anda punya banyak jenis produk, buat filter mana yang akan Anda jual dalam bulan ini, dan produk lain bisa ditawarkan di periode selanjutnya.
c. Jangan minta calon pelanggan mengisi terlalu banyak kolom. Berikan pilihan sign-up via Facebook atau media umum lainnya. Jangan meminta calon pelanggan Anda mengisi gosip yang tidak Anda perlukan.
d. Jangan memaksa pengunjung website Anda untuk melaksanakan pembelian. Anda boleh merayu mereka melaksanakan pembelian, tapi jangan memaksa mereka.
e. Tawarkan layanan free shipping alias gratis ongkos kirim untuk menarik calon pelanggan melaksanakan transaksi.

5. Tingkatkan Kepercayaan Calon Pelanggan
Menurut Zig Ziglar, spesialis pemasaran, ada 4 alasan seseorang tidak mau membeli dari Anda:
a. tidak butuh
b. tidak punya uang
c. tidak buru-buru harus membeli
d. tidak percaya

Alasan pertama, kedua, dan ketiga yaitu di luar kuasa Anda sebagai penyedia produk atau layanan. Tetapi alasan ke-4 yaitu sesuatu yang bisa kita temukan solusinya: berdiri kepercayaan pelanggan melalui website Anda!

Bagaimana cara membangun kepercayaan pelanggan melalui website Anda? Perhatikan hal-hal berikut ini:

a. Tunjukkan bahwa perusahaan atau organisasi Anda nyata, bukan abal-abal. Cara paling gampang untuk melakukannya yaitu dengan menampilkan alamat kantor Anda. Bisa juga Anda lengkapi keterangan pada organisasi bisnis mana Anda tergabung, contohnya Kadin.
b. Titik beratkan pada keunggulan perusahaan Anda melalui konten dan layanan yang Anda tawarkan. Apakah Anda mempunyai staf jago di tim Anda? Pihak mana saja yang pernah bekerja sama dengan Anda? Adakah instansi pemerintah yang pernah bekerja sama atau menggunakan produk Anda?
c. Tunjukkan bahwa tim Anda terdiri dari orang-orang yang sanggup dipercaya. Mintalah kepada staf Anda untuk menuliskan nama perusahaan Anda di profil online mereka. Pastikan Anda juga mengingatkan staf Anda untuk menjaga profesionalisme mereka baik di dalam maupun luar kantor, termasuk juga di media sosial.
d. Berikan fasilitas untuk melaksanakan kontak dengan Anda. Salah satu hal yang terang bisa membangun dapat dipercaya Anda yaitu dengan memberikan fasilitas pelanggan untuk melaksanakan kontak dengan Anda melalui telepon, alamat kantor, maupun alamat email.
e. Buat desain website profesional yang sesuai dengan tujuan Anda. Perhatikan tata letak, tipografi, gambar-gambar, dan konsistensi. Website yang tidak terlihat profesional akan membunuh kepercayaan pelanggan.
f. Buat website yang gampang diakses dan bermanfaat. Riset memperlihatkan bahwa website yang gampang diakses dan mempunyai kegunaan mempunyai level dapat dipercaya yang tinggi dan menarik lebih banyak calon pelanggan.
g. Update website Anda secara berkala. Tambahkan juga blog untuk melengkapi website perjuangan Anda. Tidak ada calon pelanggan yang akan melaksanakan pembelian dari website yang tidak melaksanakan update dalam waktu yang lama.
h. Hati-hati dengan konten promosi Anda. Tidak ada orang yang suka konten promosi dalam bentuk popups dan banner kelap-kelip. Orang akan mengasosiasikannya dengan website spam kemudian meninggalkan website Anda.
i. Hindari kesalahan dalam bentuk apapun dan sekecil apapun. Kesalahan penulisan dan tautan yang tidak bisa diakses (broken link) akan menciptakan website Anda kehilangan kredibilitas.

6. Antisipasi Penolakan
Sebenarnya setiap penolakan dari calon pelanggan bisa kita antisipasi dan kita siapkan solusinya.
a. Calon pelanggan tidak tahu bagaimana produk Anda bisa membantu mereka.
e. Buat desain website profesional yang sesuai dengan tujuan Anda. Perhatikan tata letak, tipografi, gambar-gambar, dan konsistensi. Website yang tidak terlihat profesional akan membunuh kepercayaan pelanggan.
f. Buat website yang gampang diakses dan bermanfaat. Riset memperlihatkan bahwa website yang gampang diakses dan mempunyai kegunaan mempunyai level dapat dipercaya yang tinggi dan menarik lebih banyak calon pelanggan.
g. Update website Anda secara berkala. Tambahkan juga blog untuk melengkapi website perjuangan Anda. Tidak ada calon pelanggan yang akan melaksanakan pembelian dari website yang tidak melaksanakan update dalam waktu yang lama.
h. Hati-hati dengan konten promosi Anda. Tidak ada orang yang suka konten promosi dalam bentuk popups dan banner kelap-kelip. Orang akan mengasosiasikannya dengan website spam kemudian meninggalkan website Anda.
i. Hindari kesalahan dalam bentuk apapun dan sekecil apapun. Kesalahan penulisan dan tautan yang tidak bisa diakses (broken link) akan menciptakan website Anda kehilangan kredibilitas.
6. Antisipasi Penolakan
Sebenarnya setiap penolakan dari calon pelanggan bisa kita antisipasi dan kita siapkan solusinya.
a. Calon pelanggan tidak tahu bagaimana produk Anda bisa membantu mereka.

7. Lakukan Langkah Optimasi
Banyak orang yang ragu manakah yang harus mereka gunakan untuk mengoptimasi website mereka supaya mendapat peringkat tinggi sekaligus mendapat banyak pelanggan: Google Adwords atau SEO?

Panduan Memperbaiki Website untuk SEO dan Pelanggan Anda

Tanpa banyak berdebat, bahwasanya kita tahu bahwa SEO dan Adwords mempunyai kesamaan dalam hal pengaturan kata kunci, serta taktik pembuatan konten yang berkualitas. Kesimpulannya, hal paling ideal yang bisa kita lakukan yaitu menggunakan keduanya untuk mendapat hasil yang maksimal.

“Dengan mengkombinasikan kelebihan SEO dan Adwords, kita bisa meningkatkan peringkat website sekaligus meningkatkan pemasaran”

Berikut ini penjelasannya:

Google Adwords
Dengan perangkat (tools) Google Adwords, Anda bisa mengetahui dengan cepat dan melaksanakan tes dengan aneka macam macam variabel yang lebih terkontrol. Data yang Anda dapatkan dari tes ini bisa digunakan untuk tujuan SEO untuk meningkatkan peringkat website Anda.

Selain itu, Adwords juga sangat baik untuk membantu Anda bersaing dengan kompetitor Anda alasannya yaitu bisa memberikan data-data yang akurat yang Anda perlukan untuk mendapat lebih banyak pelanggan dari internet.

SEO
Berbeda dengan Adwords, SEO mempunyai sifat berproses dalam jangka panjang dan kumulatif, sehingga sangat mempunyai kegunaan bagi pencapaian jangka panjang Anda. Untuk tujuan ini, data yang didapatkan dari tes pada perangkat Adwords bisa digunakan untuk membantu mengoptimasi (SEO) website Anda. “Kombinasi SEO dan Google Adwords yaitu cara paling optimal untuk meningkatkan peringkat website sekaligus mendapat lebih banyak pelanggan.” Tidak hanya membantu conversion rate, mengkombinasikan Adwords dan SEO, akan membantu meningkatkan secara optimal website Anda dalam jangka panjang dan menguntungkan Anda untuk mendapat peringkat yang lebih tinggi pada search engine (mesin pencari).

Kesimpulannya, SEO dan Google Adwords mempunyai kekuatan saling mendukung yang jauh lebih besar dari yang selama ini kita ketahui jikalau kita bisa mengkombinasikan kelebihan dari masing-masing.

• Adwords memungkinkan website Anda ditampilkan di posisi teratas dengan segera tanpa perlu menunggu peringkat SEO website Anda.
• Adwords membantu meneliti kata-kata kunci yang paling efektif untuk website Anda.
• Adwords memastikan kata-kata kunci yang Anda pilih menghasilkan konversi penjualan yang baik.
• Adwords membantu meneliti lokasi geografis pengguna (negara ataupun kota) yang paling banyak menghasilkan konversi penjualan untuk perjuangan Anda.
• Dengan menentukan kampanye Adwords yang mempunyai nilai konversi tertinggi, Anda sanggup menentukan judul, meta description, dan konten website untuk mendapat CTR (Click Thru Rate) yang lebih baik dengan peringkat SEO Anda dikala ini.

Demikian tadi 7 hal penting yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki website Anda guna meningkatkan peringkat website dan mendapat lebih banyak pelanggan.

Next

Related


EmoticonEmoticon